Tuesday, February 2, 2016

Jangan Melakukan Olahraga Tanpa Pemanasan!

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Selasa, 2 Feb 2016 | Banyak orang, terutama mereka yang jarang melakukan olahraga, pada saat melakukan olahraga mereka langsung bergerak cepat dan bertenaga, tanpa didahului oleh pemanasan. Hal semacam ini tampaknya hanyalah urusan sepele tapi bisa berakibat fatal apabila olahraga yang dijalani adalah olahraga yang memerlukan aktifitas level berat, atau istilah tepatnya high impact exercise.

Olahraga level high impact seperti futsal, sepakbola, sprint, marathon, apabila dijalani tanpa pemanasan sama sekali akan menyebabkan otot-otot akan tertarik dan beberapa organ tubuh vital akan mendapatkan kejutan. Maka jangan heran apabila komedian Basuki dan aktor sinetron kondang Ajie Massaid tewas saat menjalani olahraga futsal. Hal ini dikarenakan karena kurang tingginya intensitas pemanasan sebelum memulai olahraga pokoknya.

Makin berat latihan atau olahraga yang akan dijalani maka intensitas pemanasan harus makin tinggi juga. Dengan demikian resiko terjadinya cedera akibat otot tertarik, jantung berhenti berdetak atau berdetak secara kacau, dan juga mampu meningkatkan performa fisik saat menjalani olahraga utamanya.

Kecepatan aliran darah akan selalu meningkat pada saat seseorang melakukan olahraga, pada olahraga jenis high impact, kenaikan kecepatan aliran darah akan drastis, hal seperti ini akan membuat jantung bekerja ekstra keras untuk mengimbanginya. Kegagalan jantung dalam mengimbangi kecepatan aliran darah akan menimbulkan serangan jantung, dalam kasus tertentu bahkan dapat menimbulkan kematian.

Oleh karena itu, sesuai dengan judul pada artikel ini, jangan pernah melakukan olahraga tanpa pemanasan. Makin tinggi intensitas olahraga, maka harus makin tinggi pula intensitas pemanasannya, artinya gerakan pemanasan harus makin banyak, repetisi makin banyak dan waktu pemanasan harus makin lama.

Mari kita menuju hidup sehat dengan berlatih dan berolahraga dengan aturan yang benar :-)

 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Jangan Melakukan Olahraga Tanpa Pemanasan!”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...