Wednesday, February 3, 2016

Inilah Caranya Houdini Bisa Melepaskan Diri Dari Ikatan Jaket Pengekang

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Rabu, 3 Feb 2016 | Charles Rowan, adalah seorang pesulap asal Afrika Selatan yang tewas akibat kegagalannya dalam menangani trik sulap yang dipertunjukkannya.

Trik sulap berbahaya tersebut adalah melepaskan diri dari jaket pengekang. Jaket pengekang adalah jaket yang membungkus kedua tangan, seperti yang biasa digunakan untuk pasien sakit jiwa. Bila anda menonton film Hannibal, tentu anda melihat ada adegan dimana Hannibal dikekang menggunakan jaket, sehingga kedua tangannya tidak bebas bergerak, nah .. Seperti itulah jaket pengekang :-)

Mengapa Charles Rowan tewas
dalam pertunjukkan melepaskan diri dari jaket pengekang? Begini .. Untuk membuat suasana lebih dramatis, Charles Rowan sengaja menempatkan mobil 200 meter dari posisi ia diikat dengan jaket pengekang. Mobil tersebut meluncur cukup kencang menuju dirinya, sementara Charles Rowan, membebaskan diri secepat kilat sebelum mobil mencapai dirinya.

Trik tersebut gagal, dan mengakibatkan tewasnya Charles Rowan. Padahal bila dilakukan dengan cara yang benar dan perhitungan yang tepat, trik ini seharusnya aman meski memang menegangkan. Dimasa lalu almarhum Harry Houdini adalah seorang pesulap hebat tanpa tanding, teknik sulapnya yang memukau bahkan masih dianggap fenomenal sampai saat ini dimana teknologi sudah sedemikian maju sehingga ketersediaan peralatan untuk keperluan sulap dan ilusi sudah lebih mudah diwujudkan.

Salah satu atraksi sulap andalan Houdini adalah melepaskan diri dari jaket pengekang dalam keadaan tubuh tergantung terbalik. Dalam buku yang membahas teknik sulapnya, dibahas cara termudah untuk mampu meloloskan diri dari jaket pengekang. Untuk bisa lolos dari jaket pengekang maka tubuh harus dikembangkan sebesar mungkin dengan menarik nafas sebanyak mungkin dan memekarkan otot-otot tubuh selebar mungkin pada saat jaket pengekang dipasang dan diikatkan.

Efek mengembangkan tubuh secara maksimal pada saat jaket diikat, akan menyebabkan jaket pengekang menjadi lebih longgar pada saat otot-otot tubuh dikendurkan. Dengan cara seperti itu, orang yang dikenakan jaket pengekang bisa meloloskan diri dari jaket pengekang yang kendur tersebut dengan sedikit demi sedikit menggerak-gerakkan tubuh dan meloloskan satu persatu tangan dari jaket, dan diakhiri dengan meloloskan tubuh dari jaket pengekang.

Dengan cara seperti itulah Harry Houdini meloloskan dirinya dari jaket pengekang, untuk mendramatisir pertunjukannya Harry Houdini melakukannya dalam posisi tergantung terbalik. Ingin mencobanya??

 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Inilah Caranya Houdini Bisa Melepaskan Diri Dari Ikatan Jaket Pengekang”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...