Sunday, February 21, 2016

Goggles Aplikasi Untuk Mengenali Sumber Dari Gambar, Tulisan, BarCode Atau QRcode

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Minggu, 21 Feb 2016 | Saat pertama kali menginstal aplikasi Goggles di HP Android saya, ingatan saya melayang pada sebuah adegan di film lama “Johnny Mnemonic”, yang dibintangi Keanu Reeves dan Dina Meyer. Dalam adegan tersebut seorang hacker men-scan gambar ke dalam komputernya, kemudian komputer canggih yang ditenagai oleh otak ikan dolphin, mencari gambar yang serupa dengan potongan gambar hasil scan.

Aplikasi Googles bekerja sangat mirip dengan gambaran dari adegan film tersebut. Saya mencoba mendownload gambar Henry Cavill, yang merupakan cuplikan dari film Superman Man of Steel yang dibintanginya, kemudian menggunakan aplikasi Goggles saya coba mencari sumbernya, dan ternyata berhasil! Kemudian saya coba lagi dengan memotret daun dari tanaman pucuk merah, yang saat itu saya tidak tahu nama dari tanaman tersebut, dan setelah saya coba ternyata berhasil ketemu juga website yang membahas tanaman yang sesuai dengan foto yang saya ambil.

Google Goggles adalah sebuah aplikasi mobile pengenalan gambar yang dikembangkan oleh Google, dapat digunakan untuk mengenali bangunan, benda, kecocokan warna dengan gambar yang ada di internet. Goggles juga dapat mengenali barcode, QR code (kode mirip barcode yang berbentuk bujur sangkar), dan juga dapat melakukan OCR (optical character recognition), yaitu mengenali potret atau gambar yang berupa tulisan dan mengubahnya menjadi sederetan teks, yang dapat dicopy ke aplikasi untuk tulis menulis.

Saat tulisan ini dibuat versi terakhir dari Goggles adalah versi 1.9.4, yang sudah diluncurkan sejak tahun 2014 lalu. Dan sejak itu belum ada lagi versi pembaharuan, karena Google menyatakan tidak melihat manfaat yang jelas dari para penggunanya dalam menggunakan aplikasi ini. Padahal bagi saya pribadi tidaklah demikian, bagi saya aplikasi Goggles ini cukup membantu saya menyelesaikan beberapa tugas sederhana.

Dengan memotret bendera merah putih misalnya, saya mendapatkan beberapa benda yang kebetulan memiliki kombinasi warna merah putih, seperti mouse, baju, mobil, motor, dan berbagai benda lainnya. Kemudian dengan memotret tulisan yang tertera pada mesin industri, saya bisa mengubahnya menjadi teks tanpa harus repot-repot mengetikkan ulang.

Dengan memotret mobil sport dengan bentuk tertentu, saya mendapatkan berbagai pilihan mobil dengan model yang mirip dengan mobil sport yang saya potret tadi. Dan yang jelas bermanfaat adalah apabila saya mendapati QR-code dari majalah atau koran, saya bisa langsung mendapatkan artikel yang sama dengan yang ada pada majalah atau koran tersebut tanpa harus repot-repot mencari sumbernya.

Saya juga pernah menemukan robekan dari buku tentang mesin industri, kemudian potongan robekan tersebut saya potret, dan saya gunakan Goggles untuk menemukan buku yang sesuai, dan ternyata .. berhasil!! Goggles menunjukkan dengan tepat buku dari mana robekan tersebut berasal dan bahkan robekan tersebut dari halaman berapa. Luar biasa bukan?!

Memang tidak semua buku bisa ditemukan seperti pada contoh yang saya ceritakan diatas, namun buku-buku yang ada dalam database GoogleBooks, tampaknya selalu berhasil ditemukan oleh aplikasi Goggles. Aplikasi ini dapat didownload secara gratis melalui Google Play Store, dan ukuran filenya juga cukup kecil, hanya 2,7 MB saja.

Meski belum pernah saya coba, namun Goggles diklaim dapat digunakan untuk:
1.    Melakukan scan pada kartu nama, dan mengubahnya menjadi teks
2.    Menemukan judul film berdasarkan cover dari DVD
3.    Menterjemahkan teks yang dipotret. Misal memotret papan tulisan dalam huruf kanji Jepang, kemudian hasilnya berupa teks dalam bahasa Indonesia. Namun fungsi ini juga dapat ditemukan di Google Translate, dan berfungsi dengan baik
4.    Mengenali lukisan-lukisan ternama
5.    Menemukan jawaban dari tekateki sudoku yang dipotret, dan jawabannya ada di internet

Jadi dengan sekian banyak fasilitas yang bisa dimanfaatkan, bila memang HP anda tidak penuh sesak dengan aplikasi lainnya, ada baiknya anda mencoba menginstal Goggles .. selamat mencoba :-)

 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Goggles Aplikasi Untuk Mengenali Sumber Dari Gambar, Tulisan, BarCode Atau QRcode”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...