Thursday, February 11, 2016

Ewing Sarcoma, Penyakit Kanker Langka Pada Anak

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Kamis, 11 Feb 2016 | Di dunia ini berbagai macam penyakit bertebaran, dari yang tidak menular sampai yang menular, dari yang tidak berbahaya sampai yang berbahaya. Ada penyakit yang timbul pada diri seseorang akibat gaya hidup yang salah, ada yang akibat kecelakaan, ada yang merupakan gen keturunan, ada juga yang merupakan takdir, karena penyakit ini hanya menghinggapi segelintir orang tanpa diketahui asal muasalnya.

Salah satu penyakit yang tidak diketahui asal muasalnya, dan diketemukan 99% menyerang anak-anak, mayoritas didapati pada anak laki-laki, dan menimpa hanya 1% dari total populasi anak-anak penderita kanker saja. Jadi karena presentasinya sangat rendah, tingkat populasi penderita penyakit ini juga sangat rendah.

Gejala dari penyakit yang biasanya disingkat dengan sebutan ESFT, singkatan dari Ewing Sarcoma Family of Tumor, dimulai dari rasa nyeri pada bagian tulang. Biasanya rasa nyeri datang dari tulang yang berukuran panjang, seperti tulang paha, lengan, rusuk, dan lain sebagainya. Jarang ditemukan pada tulang-tulang berukuran pendek seperti ruas jari, tengkorak, pergelangan, dan semacamnya.

Rasa nyeri tidak tertahankan ini biasanya kemudian disusul dengan pembengkakan pada bagian yang terkena tumor. Untuk mengobatinya harus dilakukan operasi pengangkatan tumor dan juga tulang dimana tumor tersebut bersarang. Tentunya karena tulang harus diangkat, biasanya pasien akan mendapatkan tulang pengganti dari bahan-bahan khusus yang dapat menyangga otot dan dapat berfungsi seperti tulang.

Bagaimana Cara Pencegahannya?

Sayang sekali karena ESFT adalah penyakit bawaan yang hingga saat ini belum diketemukan penyebabnya, dan asal muasalnya, maka tidak ada satupun cara pencegahan agar ESFT tidak sampai menimpa seseorang. Jadi seseorang yang terkena ESFT hanya bisa melakukan upaya pengobatan apabila sudah terkena penyakit ini.

Hal terbaik yang bisa dilakukan adalah melakukan tindakan pengecekan yang menyeluruh sesegera mungkin apabila sampai seseorang mengalami rasa sakit yang hebat tiba-tiba (bukan akibat jatuh, terpukul atau akibat kecelakaan). Dan apabila diperlukan sebaiknya melakukan cross check dari lebih dari satu sumber sebagai “second opinion” untuk memastikan kondisi yang sesungguhnya pada tubuh penderita.

Tindakan responsif akan mencegah penderita mengalami sakit yang lebih parah, dan akan memberikan peluang kesembuhan yang lebih besar. Sebenarnya hal ini berlaku untuk penyakit apapun, jadi gejala-gejala ekstrim sebaiknya memang tidak diabaikan. Penderita ESFT yang tidak segera mendapatkan pengobatan akan menderita penyakit yang lebih hebat karena ESFT akan meningkat menjadi kanker yang menyebar ke organ tubuh lainnya yang berdekatan dengan lokasi awal ESFT.

Peluang sembuh untuk pasien yang segera diobati cukup besar yakni diatas  70%, sedangkan pasien yang sudah mengalami penyebaran tumor ke beberapa organ tubuh lainnya, memiliki peluang sembuh 20% hingga 30%, tergantung kepada ukuran tumor, dan juga lokasi dimana tumor berada.

Pasien ESFT yang telah mendapatkan tindakan operasi pengangkatan tumor, biasanya juga mendapatkan kemoterapi seperti halnya penderita kanker, untuk membersihkan sisa-sisa bibit ESFT yang tertinggal didalam tubuh. Meskipun umumnya ESFT menimpa anak kecil dan umumnya laki-laki, namun ada juga kasus dimana wanita dan usia dewasa juga mengalami ESFT.

Salah seorang survivor ESFT asal Indonesia yaitu Indah Melati Setiawan, adalah seorang wanita karir dewasa. Beruntunglah Indah berhasil disembuhkan dan pulih kembali, meski keadaannya tidak seperti semula, dimana ia adalah seorang wanita yang aktif dan rajin berolahraga, sekarang harus bergerak lebih perlahan dan kadang harus dibantu dengan tongkat.

Saat ini Indah aktif sebagai relawan pada yayasan Tzu Chi dan aktif dalam berbagai kegiatan kemanusiaan terutama yang terkait dengan upaya penyembuhan dan pemulihan pasien dari serangan penyakit kanker. Salut .. tetap semangat ya Indah .. semoga Allah senantiasa memberkati .. Aamiin.

 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Ewing Sarcoma, Penyakit Kanker Langka Pada Anak”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...