Monday, February 22, 2016

Carlos Garcia, Musisi Daun Dari Zocalo, Mexico City

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Senin, 22 Feb 2016 | Dari alun-alun di Zocalo kota Mexico City, terdengar musik seperti suara flute yang dimainkan oleh seorang tua yang cacat. Orang tua tersebut adalah Carlos Gracia, seorang pengamen jalanan yang mangkal di wilayah Zocalo, dan musik yang ia mainkan bukan berasal dari flute tetapi dari “daun”.

Carlos Garcia kehilangan lengan kanannya akibat luka bakar parah akibat sengatan listrik di Michoacan, kampung halamannya. Setelah kehilangan kemampuannya untuk bekerja secara normal, Carlos Garcia memutuskan untuk mengadu nasib di ibukota Meksiko (Mexico City), pada tahun 1957. Sembari mencari pekerjaan Carlos Garcia mengamen dari satu bus ke bus lainnya dengan berbekal kemahirannya memainkan musik dengan menggunakan daun.

Setelah menanti lama, pekerjaan formal tidak kunjung dia peroleh, Carlos Garcia akhirnya menjadikan pekerjaannya sebagai pengamen sebagai mata pencaharian tetapnya. Setelah usianya makin lanjut, ia tidak lagi mengamen di bus, tetapi menetap di alun-alun Zocalo. Dengan keahliannya yang makin membaik Carlos Garcia mampu memainkan berbagai musik dengan suara yang mirip perpaduan antara harmonika, flute dan biola, dengan intonasi, vibrasi dan dinamika yang sama baiknya dengan alat musik normal.

Keahliannya dalam bermain musik daun membuat grup musik yang bernama kuartet Kronos, mengajaknya untuk mengisi suara dalam salah satu lagu rekaman Kronos yang berjudul "Perfidia". Sayang sekali kabarnya hingga album dimana lagu Perfidia ada didalamnya sudah diluncurkan di pasaran, pembayaran kepada Carlos Garcia tidak dilakukan sebagaimana mustinya. Bahkan menurut Carlos Garcia, ia sendiri tidak tahu bahwa CD musik tersebut sudah beredar di pasaran.

Direktur Kronos, David Harrington, mengatakan bahwa ia sudah berusaha agar label rekaman membiayai pengobatan katarak bagi istri Carlos Garcia dan sesungguhnya ia berencana untuk menampilkan Carlos Garcia di panggung bersama mereka namun, Harrington khawatir, masalah kesehatan menghalangi Carlos Garcia untuk mampu tampil konsisten di panggung.

Semoga di waktu mendatang, masih banyak hal-hal baik bagi Carlos Garcia, karena dengan keberadaannya, alun-alun Zocalo memiliki ciri khusus, sebagai alun-alun dimana musik daun dapat didengar.
Saksikan penampilan Carlos Garcia pada tayangan video berikut ini:




 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Carlos Garcia, Musisi Daun Dari Zocalo, Mexico City”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...