Thursday, February 18, 2016

Bumblebee, Kelelawar Mungil Dari Thailand

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Kamis, 18 Feb 2016 | Bila anda penggemar sekuel film Transformer pasti mengenali tokoh Bumblebee, si robot kuning yang dapat berubah wujud menjadi mobil sport keren kuning. Nama robot kuning pembela bumi ini sebenarnya diambil dari nama kelelawar mungil asal Thailand.

Meski tidak berwarna kuning, tapi kelelawar ini mempunyai ukuran tubuh yang jauh lebih kecil dibandingkan dengan kelelawar jenis lain. Mirip seperti robot bumblebee di Transformer yang ukuran fisiknya lebih kecil dibandingkan rekan-rekan satu kelompoknya.

Kelelawar ini sebenarnya populer juga dengan julukan “Kitti's Hog Nosed Bat”,
hog nosed artinya adalah berhidung babi, nama ini diberikan karena memang bentuk hidungnya tidak runcing, tetapi pesek datar seperti halnya hidung babi. Kitti adalah sebutan untuk hewan mungil, biasanya digunakan untuk sebutan kucing kecil. Namun nama latin dari hewan ini adalah: Craseonycteris Thonglongyai.
www.AstroDigi.com www.AstroDigi.com www.AstroDigi.com
Kelelawar bumblebee dapat ditemui di wilayah Thailand Barat dan juga sebagian wilayah Myanmar yang berdampingan dengan Thailand bagian Barat, biasanya mereka tinggal di gua-gua kapur yang banyak terdapat di tepi-tepi sungai di Thailand. 

Kelelawar mungil berbulu coklat ini tergolong hewan yang dilindungi karena populasinya yang sangat sedikit saat ini. Populasi mereka diperkirakan kurang dari 3000 ekor, jumlah yang sangat sedikit bila dibandingkan dengan kelelawar jenis lain yang populasinya sampai jutaan.

Tubuh mereka yang mungil, yaitu hanya 2 sampai 3 cm saja, sangat rentan terhadap perubahan iklim. Pembakaran hutan yang berdekatan dengan habitat bumblebee juga membuat populasi bumblebee menurun drastis. Bumblebee juga bukan jenis hewan yang cepat berkembang biak. Seekor betina bumblebee dewasa biasanya hanya melahirkan seekor kelelawar bumblebee dalam waktu satu tahun.

Taman nasional Thailand, juga menempatkan bumblebee dalam penangkaran terlindung. Sehingga para kelelawar mungil ini dapat hidup dan berkembang biak di area yang terlindung dari berbagai upaya pengrusakan lingkungan.

Makanan utama bumblebee adalah serangga kecil dan buah-buahan yang juga kecil. Seperti halnya kelelawar jenis lain, bumblebee keluar pada malam hari untuk mencari makan. Bumblebee dapat terbang mencari makan hingga satu kilometer dari sarang mereka.

Populasi hewan mungil ini juga terganggu oleh banyaknya biarawan di wilayah Thailand yang dalam masa meditasi panjang mengasingkan diri ke gua-gua. Kelelawar bumblebee yang ketakutan karena kehadiran sosok-sosok yang mereka anggap sebagai ancaman, biasanya gagal dalam bereproduksi, sehingga perkembang-biakkan mereka terhambat.

 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Bumblebee, Kelelawar Mungil Dari Thailand”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...