Friday, February 5, 2016

Berbagi Pengalaman Memakai Acer One 10

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Jumat, 5 Feb 2015 | Untuk kepentingan kerja secara mobile saya melengkapi diri dengan membeli sebuah netbook berukuran kecil (layar 10”), dengan demikian semua pekerjaan yang belum terselesaikan di kantor bisa saya kerjakan di mobil atau di tempat customer saat sedang senggang karena menunggu atau kebetulan jeda meeting.

Pada pertengahan 2015 lalu sangat sulit mencari netbook berukuran 10”, karena kebanyakan netbook sudah dibuat dalam ukuran yang lebih besar, biasanya 12” - 14”. Ukuran layar yang besar menyulitkan saya untuk menenteng netbook kesana kemari, karena ukuran tas jinjing saya hanya muat untuk netbook 10” saja, dan lagi netbook akan terlalu menyita tempat saat saya harus menyelesaikan pekerjaan diluar kantor.

Dari sekian banyak pilihan yang tersisa, akhirnya pilihan saya jatuh ke netbook Acer One 10. Hal ini dikarenakan selain memang ukurannya sesuai dengan kebutuhan saya, juga fitur layar sentuhnya bisa memberikan keuntungan tambahan bagi saya. Satu lagi keunggulan mutlak yang membuat saya memilih Acerr One 10, yaitu layarnya yang bisa dilepas, sehingga netbook dapat berfungsi sebagai tab (tablet PC).

Berikut ini kelebih dan kekurangan Acer One 10 selama pemakaian:

Kelebihan:
  1. Layar bisa dilepas sehingga bisa berfungsi sebagai tab
  2. Layar sentuh
  3. Charger dapat dipergunakan sebagaii charger untuk HP juga karena tegangan dan port konektornya sama
  4. Tombol keyboard lunak dan nyaman digunakan untuk mengetik
  5. CPU sudah Quad Core, lebih tinggi kecepatannya dibandingkan pesaingnya yang rata-rata masih menggunakan CPU Dual Core
  6. Batere yang awet, pernah saya pergunakan untuk kerja selama 6 jam dan belum habis
  7. Dual camera, depan dan belakang
  8. Dapat OS Windows 8 dan Office 2016 gratis. Sudah dibundel bersama dengan penjualan netbook
  9. Harganya murah (dibawah 4 juta)

Kekurangan:
  1. Tombol shift sebelah kiri pada keyboard kecil, terbagi dua dengan fungsi tombol backslash. Kecilnya tombol shift ini seringkali menyebabkan typo (salah ketik) pada saat mengetik huruf besar atau tanda baca yang mengharuskan menekan tombol shift.
  2. Kualitas kamera depan maupun belakang yang kurang bagus, karena masih menggunakan teknologi CMOS kualitas rendah, mungkin hal ini dimaksudkan untuk menekan harga jual
  3. Hanya tersedia satu port USB yang menyatu dengan body keyboard. Plus satu port micro USB yang menyatu dengan fungsi charger, berada satu body dengan layar CPU yang bisa dilepas.
  4. Ukuran SSD bawaan yang kapasitasnya kurang besar bila harus diinstal banyak aplikasi (hanya 23GB saja). Setelah diinstal OS Windows 8 dan Office 2013, ruang yang tersisa pada SSD hanya tersisa 9GB saja

-------------------------
Untuk mengakali kebutuhan port USB tambahan saya membeli kabel USB OTG (on the go) yang banyak tersedia dipasaran, yang fungsinya sebagai adapter dari micro USB ke ukuran port USB yang normal. Saya juga membeli kabel adapter dari mini HDMI ke HDMI normal, kabel jenis ini juga banyak tersedia di pasaran saat ini.

Meski awalnya saya merasa kurang nyaman bekerja dengan OS Windows 8, akhirnya dengan beberapa penyesuaian (akan saya bagikan dalam beberapa artikel mendatang) akhirnya sekarang saya malah lebih nyaman bekerja dengan Windows 8 dibandingkan dengan Windows 7 atau Windows XP pada PC saya yang lainnya.

Demikian review dan sharing dari saya dalam menggunakan Acer One 10, dengan sekian point mengenai kelebihan dan kekurangan yang ada pada netbook ini, saya berpendapat bahwa untuk netbook 10”, produk ini layak untuk dijadikan pilihan.

 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Berbagi Pengalaman Memakai Acer One 10”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...