Thursday, February 4, 2016

Benarkah Susu Bubuk Tidak Berfaedah Bagi Kesehatan Kita?

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Kamis, 4 Feb 2016 | Dewasa ini berkembang berita kontroversial seputar konsumsi susu bubuk. Ada berita yang kontra yang menyebutkan bahwa susu bubuk tidak bermanfaat, bahkan berbahaya bagi kesehatan.

Sementara pihak yang pro dengan keberadaan susu bubuk berpendapat bahwa susu bubuk memiliki manfaat yang hampir setara ASI.

Bagaimana kebenaran dari kedua pendapat yang saling bertentangan tersebut?

Pertama kali perlu anda ketahui bahwa susu bubuk yang ditemukan pertama kali pada tahun 1802 oleh dokter berkebangsaan Rusia bernama Osip Krichevsky, dibuat untuk mempermudah penyimpanan dan distribusi.

Dalam pemrosesan dari bahan dasar susu sapi murni cair hingga menjadi susu bubuk, bahan dasar tersebut harus melalui proses evaporasi, homogenisasi dan pengeringan (ada dua jenis proses yaitu: spray drying atau freeze drying).

Proses bertingkat ini menyebabkan banyak komponen penting pada bahan dasar (susu sapi murni cair) menjadi hilang. Justru yang banyak tersisa adalah unsur lemak dan gula yang kurang menyehatkan.

Sehingga bila dibandingkan dengan ASI, susu bubuk tentu masih jauh dari setara. K
Pada susu bubuk produk pabrik, kekurangan unsur vitamin dan mineral pada susu bubuk, kemudian diseimbangkan dengan menambahkan vitamin dan mineral.

Jadi intinya susu bubuk tetaplah merupakan produk yang aman dan menyehatkan untuk dikonsumsi dalam takaran normal karena kandungan nutrisi dan mineral menyehatkan tersedia didalamnya. Namun produk yang termahal pun, bukanlah produk yang dapat menggantikan fungsi ASI pada bayi.

Jadi sekali lagi dapat disimpulkan, mengkonsumsi susu bubuk aman dan pasti menyehatkan, namun juga jangan mengharap manfaat yang terlalu besar juga.

 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Benarkah Susu Bubuk Tidak Berfaedah Bagi Kesehatan Kita?”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...