Friday, February 19, 2016

3 Manfaat Penting Dari Brokoli Yang Perlu Anda Ketahui

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Jumat, 19 Feb 2016 | Bagi para penggemar capcay, brokoli tentu bukanlah sayuran yang asing. Biasanya dalam kombinasi sayuran yang tersaji pada capcay, salah satunya adalah brokoli. Yang mungkin belum diketahui atau disadari mungkin adalah manfaat yang terkandung didalam brokoli ini.

Brokoli mengandung nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan, terdapat beraneka vitamin dan mineral terkandung didalamnya. Kandungan lain berupa berbagai zat yang bersifat antioksidan juga ada didalamnya. Antioksidan sangat penting untuk menjaga tubuh dari gangguan metabolisme akibat terlalu banyaknya asupan makanan yang mengandung radikal bebas.

Berikut ini manfaat brokoli:

Pertama:
Brokoli mengandung vitamin A yang mampu memperbaiki kualitas penglihatan dari konsumennya. Kandungan vitamin A dan juga zat karoten yang terkandung pada brokoli mampu mencegah katarak, rabun dan penyakit mata akibat proses penuaan.

Brokoli juga mengandung antioksidan, berupa vitamin C, vitamin K, dan vitamin B6 yang mampu menangkal radikal bebas dan mencegah pertumbuhan kanker dalam tubuh. Kandungan vitamin tersebut juga mampu meningkatkan daya tahan dan kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit.

Kedua:
Kandungan mineral berupa, zat besi, kalsium, efektif untuk mencegah konsumennya dari anemia (kekurangan darah). Kandungan kalsium pada brokoli juga menguatkan tulang. Kombinasi vitamin dan mineral yang terkandung dalam brokoli juga mampu menyehatkan dan menguatkan jantung dan hati (liver).

Ketiga:
Terdapat kandungan sulforaphane, zat yang bermanfaat untuk kesehatan lambung. Zat ini mampu membuat enzim penting yang menjaga keseimbangan asam didalam lambung dapat diproduksi oleh tubuh secara optimal.

---------------------------------
Agar seluruh manfaat yang terkandung didalam brokoli tidak hilang, dan dapat dikonsumsi dalam kondisi optimal maka selalu pilih dan konsumsi brokoli yang masih segar, hijau (bukan yang kekuningan dan mulai layu pada sebagian permukaannya).

Untuk mencegah bakteri merugikan yang mungkin terbawa pada brokoli mentah, sebaiknya cuci bersih brokoli, kemudian bilas sejenak saja, dengan air yang sudah mendidih untuk memastikan kuman yang tersisisa terbasmi habis. Jangan direbus atau digoreng terlalu lama, masak bahan yang lain terlebih dahulu dan masukkan brokoli setelah bahan yang lain sudah cukup matang.

Jadi tunggu apa lagi, mari kita budayakan untuk secara rutin mengkonsumsi makanan sehat ini. Ayo hidup sehat!

 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “3 Manfaat Penting Dari Brokoli Yang Perlu Anda Ketahui”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...