Saturday, March 27, 2010

Wortel, Ternyata Tak Hanya Menyehatkan Mata Saja


www.AstroDigi.com

Conectique.com | Selama ini kita mengetahui bahwa wortel baik untuk kesehatan mata. Mungkin tak banyak yang tahu jika tanaman yang dapat tumbuh disemua musim ini memiliki segudang khasiat untuk menyembuhkan penyakit, tidak hanya memperbaiki penglihatan yang lemah.

Daucus carota adalah nama lain untuk tanaman wortel. Tanaman ini tumbuh subur di daerah pegunungan dengan suhu udara dingin dan lembab pada ketinggian 1200 meter di atas permukaan laut. Tanaman yang berasal dari negeri beriklim sedang (sub-tropis) dari Asia Timur Dekat dan Asia Tengah ini, memiliki batang daun basah berupa sekumpulan pelepah (tangkai daun) yang muncul dari pangkal buah bagian atas (umbi akar).

Kandungan :

Wortel yang menyukai tanah gembur dan subur, memiliki nilai kandungan Vitamin A yang tinggi yaitu sebesar 12000 SI. Kandungan zat lainnya yang terdapat dalam wortel diantaranya kalori, protein, lemak, hidrat arang, kalsium, fosfor, Beta karoten, besi, vitamin B 1, dan vitamin C.

Khasiat :

Kandungan Karoten dan vitamin A pada wortel sangat baik untuk membantu mencegah terjadinya rabun senja dan memperbaiki penglihatan yang lemah. Tak hanya untuk mata, kandungan Beta karotennya juga dapat mencegah dan mengatasi kanker, darah tinggi, menurunkan kadar kolesterol dan mengeluarkan angin dari dalam tubuh. Sementara kandungan antioksidan karoten yang tinggi dapat memerangi efek polusi dan perokok pasif. Wortel juga terbukti baik untuk mengatasi kejang jantung, eksim dan cacing kremi. Luka dalam mulut, napas tidak sedap, gusi berdarah dan sariawan bahkan bisa disembuhkan dengan mengunyah daun wortel.

Pengobatan :

* Eksim : Parut 1 buah wortel lalu tambahkan 1 sendok teh kapur sirih, aduk sampai merata. Tempelkan ramuan ini pada bagian yang sakit kemudian balut dengan perban. Atau bisa juga dengan meminum larutan 3 umbi wortel yang telah diparut dan diseduh dengan 2 gelas air masak. Minum larutan ini 2 kali sehari.

* Kejang Jantung : parut wortel hingga halus lalu peras dengan 2 gelas air. Tambahkan 2 sendok madu, dan 1 potong gula aren pada perasan air wortel, kemudian aduk rata. Minuman larutan ini 1 kali sehari.

www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Wortel, Ternyata Tak Hanya Menyehatkan Mata Saja”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...