Tuesday, March 2, 2010

Ternyata Stres Bikin Tubuh (Lebih) Kebal?


www.AstroDigi.com

VIVAnews.com - Umi Kalsum | Sabtu, 20 Februari 2010 | Kini saatnya Anda mengelola stres agar tidakk merugikan tubuh.
Stres ternyata tidak selamanya buruk bagi yang mengalaminya. Stres juga ada gunanya. Stres membuat tubuh mempersiapkan diri untuk melindungi diri. Namun sayangnya, kebanyakan orang mengalami stres yang terlalu banyak.

Mereka stres dalam waktu yang lama sehingga lebih banyak kerugian daripada kebaikan yang didapatkan. Manajemen stres adalah salah satu cara untuk mengendalikan stres secara alami sehingga tidak dirugikan.

American Psychological Association menerbitkan Psychological Bulletin pada Juli 2004 yang isinya melaporkan studi yang menemukan bahwa stres jangka pendek dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Saat itulah tubuh mempersiapkan diri untuk melawan infeksi atau cedera. Dengan manajemen stres, kita dapat mengurangi, bahkan mungkin menghilangkan dan membantu tubuh bangkit kembali setelah masa itu terlewati.

The Windber Medical Center di Pennsylvania menyatakan bahwa penyakit jantung dan stres memiliki hubungan. Mereka juga mengatakan teknik manajemen stres menawarkan cara untuk menangani stres sehari-hari, yaitu dengan sikap anggun, humor, dan kontrol. Hal itu membantu menghindari perubahan denyut jantung dan tekanan darah yang tidak sehat.

Makalah yang dipublikasikan oleh National Institutes of Health mengungkapkan bahwa ciri awal depresi adalah stres. Dengan manajemen stres, Anda dapat belajar cara mengetahui tanda-tanda awal depresi dan mengambil langkah untuk menghentikannya. Anda bisa menghindari depresi dengan mengubah pikiran atau suasana hati. Namun jika usaha itu tidak berhasil mengubah atau menghentikan depresi, pengetahuan tentang stres dapat membantu Anda mendapatkan bantuan profesional sebelum depresi itu semakin memburuk.

Ketika belajar mengelola stres, Anda akan menemukan bahwa sebenarnya memiliki kemampuan untuk menanganinya. Melalui manajemen stres kita belajar bagaimana meletakkan segala sesuatu dalam perspektif. Dengan begitu, kita dapat memisahkan mana hal yang penting dan mana yang sepele sehingga bisa meluangkan waktu untuk rekreasi dan relaksasi demi kebahagiaan hidup.

www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Ternyata Stres Bikin Tubuh (Lebih) Kebal?”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...