Monday, March 8, 2010

Terlalu Banyak Berpikir Bisa Bikin Gemuk


www.AstroDigi.com

VIVAnews.com | 7 Maret 2010 | Hati-hati, ketegangan usai lama berpikir memicu seseorang melahap lebih banyak makanan.
Tahukah Anda, jika banyak berpikir akan membuat bobot tubuh cepat melambung. Sebuah penelitian di Universitas Laval di Quebec, Kanada, yang dipublikasikan dalam jurnal 'Psychosomatic Medicine' menunjukkan ketegangan berpikir akan memicu seseorang untuk melahap lebih banyak makanan.

Tim peneliti yang dipimpin Dr. Angelo Tremblay mengukur asupan makanan spontan yang diambil dari 14 peserta usai mengerjakan tugas. Aktivitas yang mereka lakukan bermacam-macam, diawali dengan bersantai pada posisi duduk, kemudian membaca dan meringkas teks, dan menyelesaikan serangkaian memori, perhatian, dan tes kewaspadaan di komputer. Dan, setelah 45 menit di setiap kegiatan, para peserta diminta untuk memakan makanan yang tersaji di prasmanan.

Para peneliti sebelumnya menemukan bahwa setiap sesi dari pekerjaan intelektual hanya membutuhkan tiga kalori lebih banyak daripada waktu istirahat.

Meski begitu, para siswa secara spontan mengonsumsi 203 lebih kalori setelah merangkum teks dan 253 lebih kalori setelah tes komputer. Masing-masing mengalami peningkatan sebesar 23,6 persen dan 29,4 persen dibandingkan dengan periode yang lain.

Contoh darah diambil sebelum, selama, dan sesudah tiap sesi menunjukkan, mengerjakan karya intelektual menyebabkan fluktuasi lebih besar glukosa dan insulin daripada waktu istirahat.

"Fluktuasi ini mungkin disebabkan oleh stres kerja intelektual, atau juga mencerminkan adaptasi biologis selama pembakaran glukosa." kata Penulis Studi Jean-Philippe Chaput.

Menurutnya, tubuh dapat bereaksi terhadap fluktuasi ini dengan memacu asupan makanan untuk mengembalikan keseimbangan glukosa, satu-satunya bahan bakar yang digunakan oleh otak. "Kelebihan kalori karena mengerjakan pekerjaan intelektual ditambah kurang aktif secara fisik dapat mengakibatkan obesitas," katanya menerangkan.

"Ini adalah faktor yang tidak boleh diabaikan, mengingat saat ini semakin banyak orang yang memilih pekerjaan di bidang intelektual."

www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

1

There are a great deal of options that you
will discover when you go to find some quick loans if that you do not
possess a good grip then you certainly will get yourself into a variety of
trouble and stay not able to ride properly, maybe even dumping your motorcycle.

Anonymous said...
on 

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...