Wednesday, March 24, 2010

Taiwan Miliki Spesies Kepiting Mirip Buah Stroberi


www.AstroDigi.com

OKEzone.com | Rabu, 6 Januari 2010 | Ahli biologi makhluk laut di Taiwan, Ho Ping-ho menemukan dua spesies kepiting betina baru yang cangkangnya mirip dengan buah stroberi.

Kedua kepiting ini sebenarnya telah ditemukan sejak Juni 2009 silam di Taman Nasional Kenting, Taiwan. Ketika itu, Ho dan timnya tengah melakukan studi mengenai dampak kapal karam terhadap biota laut. Menurut Ho, kawasan pantai selatan Taman Nasional Kenting memang dikenal sebagai wilayah yang kaya akan makhluk laut yang beraneka ragam.

Ho memerlukan waktu cukup lama untuk menentukan bahwa spesies yang ditemukannya merupakan spesies kepiting baru. Setelah menganalisa sekira 10.000 spesies kepiting, barulah Ho yakin untuk mengumumkan bahwa penemuannya merupakan spesies kepiting paling baru. Demikian keterangan yang dikutip dari Discovery, Rabu (6/1/2010).

Saat pertama kali melihatnya, semua orang akan terkesan dengan cangkang kepiting tersebut. Jika pada umumnya cangkang kepiting yang berwarna merah terlihat polos, tidak demikian dengan spesies kepiting baru ini. Pada cangkangnya yang merah menyala tersebar bintik-bintik kecil berwana putih, mirip buah stroberi. Penampilan seperti inilah yang kemudian membuat kepiting tersebut dijuluki kepiting stroberi.

Ho dan timnya dari National Taiwan Ocean University menyebutkan jenis kepiting stroberi umumnya tinggal di wilayah perairan Hawai, Polynesia dan Mauritius. Namun kepiting yang ditemukannya sedikit berbeda karena memiliki bentuk cangkang seperti kerang dan lebarnya sekira 2,5 cm.

www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Taiwan Miliki Spesies Kepiting Mirip Buah Stroberi”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...