Wednesday, March 17, 2010

Son Doong, Gua Terbesar di Dunia, di Vietnam


www.AstroDigi.com

Mediaindonesia.com | Jum'at, 12 Maret 2010 | TANPA kita sadari, seringkali hal-hal gaib menjadi penghalang terhadap sebuah penemuan besar. Kejadian seperti ini dialami oleh masyarakat sekitar Phong Na arah ke Bang National Park, Provinsi Quang Binh di Vietnam. Mereka tidak menyadari di sini terdapat gua terbesar di dunia.

Rupanya mereka selama ini tidak berani masuk ke gua Son Doong, karena dari cerita turun temurun sering terdengar suara aneh-aneh dari dalamnya. Penduduk akhirnya menganggap gua tersebut angker dan tidak menyadari Son Doong menyimpan sesuatu yang berharga bagi ilmu pengetahuan.

Hingga pada 2009 awal, sekelompok ilmuwan asal Inggris dari British Cave Research Association mengungkap apa sebenarnya isi gua tersebut. Awalnya mereka mendatangi Son Doong untuk sekadar observasi, namun betapa terkejutnya mereka karena gua tersebut sangat luas.

Gua ini ternyata lima kali lebih luas dari gua terbesar di Vietnam, Phong Nha, bahkan setelah diukur, luasnya jauh lebih besar dari gua terbesar di dunia, Deer Cave di Malaysia.

Panjang ruang di gua ini mencapai 5 kilometer dengan tinggi 200 meter dan lebar 150 meter. Sedangkan Deer Cave hanya memiliki panjang 2 kilometer , tinggi 100 meter dan lebar 90 meter.

Terungkapnya gua ini sebenarnya berawal dari penduduk asli sendiri bernama Ho-Khanh di tahun 1991. Namun, dia belum selesai menelusuri gua karena keburu dikagetkan dengan adanya siulan dari sungai bawah tanah yang memang terdapat di dalam gua.

Tapi tim peneliti Inggris dari British Cave Research Association itu, berhasil menguak suara-suara aneh yang selama ini ditakuti penduduk. Menurut mereka siulan aneh itu berasal dari sungai bawah tanah yang airnya sangat deras sehingga menggemakan suara-suara aneh.

Son Doong Cave terletak dekat perbatasan Laos-Vietnam. Untuk mencapai gua, menurut Limbrit Howard, pemimpin ekspedisi itu, sangat sulit.

Dari HCM City Highway, mereka harus berjalan selama enam jam, lalu melewati hutan kira-kira 8-10km. Survei di dalam gua ini belum sepenuhnya selesai, karena bisa jadi panjang gua lebih dari 5 km. Ada bagian yang belum berhasil ditembus tim peneliti ini.

www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Son Doong, Gua Terbesar di Dunia, di Vietnam”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...