Saturday, March 27, 2010

Santan, 'Susu Kelapa' yang Sehat dan Berkhasiat


www.AstroDigi.com

Detik.com | Kamis, 25/03/2010 | Susu sapi, susu kambing atau susu kedelai sudah banyak dikenal. Kini susu kelapa alias santan juga mulai digemari karena memiliki banyak khasiat kesehatan yang tak kalah dengan susu-susu yang lain.

Kelapa dianggap sebagai makanan mukjizat, yang dapat membantu melindungi dan menyembuhkan tubuh dari penyakit internal dan eksternal. Nah, susu kelapa juga sama khasiatnya yang dapat membangun sistem kekebalan tubuh dan pertahanan tubuh.

Susu kelapa adalah cairan susu yang diekstrak dari daging kelapa atau yang sering disebut santan. Warnanya putih dan rasa susunya berasal dari kandungan minyak yang tinggi dan gula yang ada di dalamnya. Susu kelapa tidak boleh dicampur dengan air kelapa, yang merupakan cairan alami dari kelapa.

Susu kelapa terdiri dari dua jenis, yaitu tebal dan tipis. Jenis yang tebal dihasilkan dengan menekan parutan daging kelapa dalam kain katun tipis.

Sedangkan jenis yang tipis dihasilkan dengan merendam daging kelapa dalam air hangat dan meremasnya untuk mendapatkan santan yang tipis.

Susu kelapa juga dapat dibuat dirumah dengan mengolah parutan daging kelapa dengan air panas dan susu.

Seperti dilansir dari ehow, cara mudah membuat susu kelapa dirumah adalah sebagai berikut:

1. Gunakan buah kelapa segar. Kemudian dipotong dengan potongan kecil kira-kira 1 inchi, dan kemudian masukkan ke dalam blender (mesin pencampur) dengan perbandingan yang sama antara kelapa dan air panas.
2. Putar blender dengan kecepatan yang tinggi selama beberapa menit, kemudian kecepatan sedang untuk pencampuran selama 30 menit.
3. Tuang ke saringan dan tekan parutan atau hasil campuran kelapa tersebut untuk mendapatkan susu kelapa. Dan remas parutan kelapa untuk mendapatkan sisa-sisa susu kelapa.
4. Tuang susu kelapa dengan saringan yang lebih halus.
5. Bila menggunakan kelapa kering, tempatkan satu cangkir kelapa parut tanpa gula dan satu setengah cangkir air panas ke dalam blender. Biarkan selama 5 menit dan kemudian haluskan selama 1 menit. Kemudian lanjutkan langkah 3 dan 4.


Susu kelapa menjadi konsumsi umum pada masyarakat daerah tropis, terutama Asia Tenggara, yang merupakan bagian integral dari masakan Thailand, Burma, Filipina, Indonesia, Singapura dan India.

Seperti dilansir dari healthmad dan buzzle, Kamis (25/3/2010), ada banyak manfaat dari susu kelapa, antara lain:

1. Susu kelapa mengandung vitamin, mineral dan elektrolit penting yang menyediakan beragam manfaat bagi tubuh. Kelapa mengandung kalsium, kalium, klorida, vitamin A dan E.
2. Susu kelapa membantu mengurangi tekanan darah, gula darah dan meningkatkan kesehatan tulang dan gigi.
3. Susu kelapa juga susu alternatif yang gratis bagi mereka yang tidak toleran terhadap laktosa dan juga alergi terhadap susu hewan. Dengan membakar kelapa atau mengonsumsi susu kelapa, masih bisa diperoleh vitamin esensial dan mineral. Ada pula susu kelapa vegetarian yang bebas kedelai, bebas gluten dan bebas kacang.
4. Susu kelapa mengandung asam laurat yang memiliki anti bakteri, anti-mikroba, anti jamur dan anti-virus. Dengan demikian, susu kelapa dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dengan menyingkirkan bakteri perut, flu, pilek, sakit tenggorokan, bisul dan berbagai penyakit.
5. Susu kelapa digunakan dalam perawatan kulit dan rambut. Susu kelapa digunakan dalam banyak produk rambut komersial dan produk perawatan kulit untuk hidrat, melembabkan, memperbaiki dan menyembuhkan kulit dan rambut.
6. Susu kelapa juga bermanfaat bagi jantung. Susu kelapa mengandung asam laurat yang membantu untuk menjaga arteri dan hati tetap bersih dan sehat. Dan meskipun susu kelapa mengandung lemak jenuh, kehadiran asam laurat dan asam lainnya dalam susu kelapa membuatnya sempurna melawan penyakit jantung dan atherosclerosis.
7. Susu kelapa adalah makanan yang sempurna untuk menurunkan berat badan atau memelihara berat badan. Lemak jenuh dalam kelapa terdiri dari asam lemak rantai pendek dan menengah, yang diubah tubuh menjadi energi dan bukan lemak. Jadi, meskipun tinggi lemak jenuh, kelapa dapat membantu menurunkan berat badan.
8. Ada beberapa jenis antioksidan yang ditemukan dalam susu kelapa. Antioksidan membantu tubuh untuk menangkis radikal bebas berbahaya yang dapat degenerasi sel-sel tubuh. Oleh karena itu, susu kelapa dapat membantu mencegah kanker dari tubuh dan membantu mencegah penyakit degeneratif seperti penuaan dini, kulit kendur, kerutan, masalah penglihatan dan tulang.
9. Susu kelapa juga dapat membantu pencernaan. Susu kelapa mengandung zat-zat bermanfaat bagi perut untuk mencerna makanan dengan baik. Susu kelapa adalah anti-bakteri dan membunuh bakteri buruk dari dalam perut yang dapat menyebabkan pencernaan makanan yang tidak baik. Susu kelapa juga juga digunakan sebagai pencahar. Ini juga bisa menjadi obat untuk saluran kencing dan ginjal.
10. Jika kulit terkena sinar matahari dalam waktu yang panjang dan menyebabkan ruam atau sengatan matahari, susu kelapa merupakan penyembuh instan. Mandi susu kelapa atau menggunakan susu kelapa yang dioleskan pada ruam dan biarkan semalam, akan menjadi pendingin dan membantu menyingkirkan kering dan gatal pada ruam.


Ditinjau dari segi nutrisi, dalam 1 cangkir susu kelapa mengandung kalori sebesar 552 kal, total lemak 57,2 g, kolesterol 0 mg, natrium 36 mg, total karbohidrat 13,3 g, protein 5,5 g, vitamin C 11%, kalsium 4%, dan besi 22%

www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

3 comments to “Santan, 'Susu Kelapa' yang Sehat dan Berkhasiat”

Terimakasih saya buat penulis rencana akan berbagai khasiat yang terdapat dalam susu kelapa atau santan kelapa. Tak terduga oleh saya akan kehebatan khasiat santan yang turun temurun tadi.Tetapi adakah maksud penulis santan kelapa tadi di minum sebegitu sahaja seperti meminum susu kacang soya? Biasa nya, santan kelapa di gunakan hanya untuk masakan dan berbagai jenis juadah traditional.Itulah amalan yang saya teruskan sehingga sekarang,tetapi tak pernah pun meminum santan kelapa sebegitu sahaja dan mungkin pembaca yang lain juga sependapat dengan saya.Akan tetapi, santan atau susu kelapa yang di maksudkan oleh penulis sudah pasti yang asli dan tidak dari tin atau powder instan atau pon yang sudah di kotak kan.

Semasa saya di Singapura dulu, santan asli sahaja yang ibu saya gunakan dan alhamdulillah, ibu bapa saya sihat sehingga sekarang dan berusia lebih dari 70/80 tahun kerana mereka tidak mengambil makanan berawet atau berkimia (makanan serba ringkas)Sekarang saya menetap di Belanda dan hanya menggunakan kelapa parut yang terlalu kering yang terdapat di pasaran di sini.Parutan kelapa kering tadi saya camporkan dengan air saringan dan di blender untuk mendapatkan susu atau santan.Adakah santan yang saya gunakan tadi se asli santan dari sebiji kelapa?

Anonymous said...
on 

Betul memang dibuat dari kelapa langsung, jadi santan yang murni.
Sebaiknya anda membuat langsung dari buahnya (kelapa) akan lebih baik dibandingkan parutan kelapa kering. Beberapa komponen gizi yang bermanfaat sudah hilang dari parutan kelapa kering tersebut.

NINO said...
on 

mau baertanya, kalo ingin membuat keju dari skim santan kelapa, kemungkinan berhasilnya sgmna besar yah?

anjawulansari said...
on 

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...