Sunday, March 7, 2010

Pentingnya Rutin Minum Air Putih


www.AstroDigi.com

Tribun-timur.com | Sabtu, 6 Maret 2010 | Aturan minum air putih minimal delapan gelas per hari belum secara disiplin dilakukan oleh kebanyakan orang. Banyak yang membiarkan tubuh kekurangan air dari hari ke hari.

Padahal air sangat penting untuk tubuh manusia, di antaranya untuk mencegah tubuh dari keracunan akibat racun sisa metabolisme, membantu pencernaan dan metabolisme, juga membawa nutrisi dan oksigen untuk sel-sel melalui darah, mengatur suhu tubuh, dan melumasi persendian.

Membantu pernapasan. Jika kehilangan sejumlah cairan setiap hari saat mengembuskan napas. Jika jumlah cairan tubuh ini tidak diseimbangkan, dapat mengganggu fungsi psikologis di dalam tubuh.

Air juga bisa mengurangi berat badan atau penumpukan lemak karena air dibutuhkan dalam memetabolisme lemak. Membantu memperkuat otot sampai memelihara kerja pencernaan dan fungsi organ lainnya.

Kebutuhan air minum rata-rata dua lliter per hari. Bahkan, bila kelebihan berat badan, sering melakukan latihan fisik, atau hidup di daerah beriklim panas, harus lebih banyak minum.

Orang kadang takut banyak minum banyak karena bisa bolak-balik ke kamar mandi untuk buang urin. Awalnya memang itu bisa terjadi karena kandung kemih sensitif terhadap penambahan cairan.

Namun, setelah beberapa minggu, kandung kemih akan terbiasa dan lebih rileks, sehingga tak harus repot ke kamar mandi.

Air minum yang dianjurkan adalah air murni, bukan bir, teh, kopi, jus buah sekalipun, dan sejenisnya. Sebab, jenis yang bukan air murni itu berisi kandungan lain seperti alkohol, kafein, tanin, maupun gula

www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Pentingnya Rutin Minum Air Putih”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...