Wednesday, March 17, 2010

Panda Kelaparan Mampu Menghabiskan Makanan Babi


www.AstroDigi.com

Tempointeraktif.com | Selasa, 02 Maret 2010 | Apa jadinya jika seekor panda kelaparan? Lantaran kehabisan makanan utama mereka, yaitu bambu, sang panda turun dari pegunungan di daerah barat daya provinsi Sichuan Cina dan masuk ke ladang pertanian petani. Ia lalu masuk ke kandang babi dan menghabiskan makanan sang babi: daging dan tulang.

Peristiwa ganjil ini dilaporkan sebuah televisi milik pemerintah Cina. Sang panda digambarkan sangat lahap mengunyah tulang dan tampak beberapa kali menyemburkan daging yang ia makan. Lalu setelah kenyang, panda itu diam-diam pergi.

Panda sebetulnya dikategorikan bukan binatang karnivora. Jika tak memamah bambu, panda biasanya makan makanan lain seperti madu, jeruk, pisang, telur dan ikan. Jadi ia tak mungkin doyan daging.

Tapi kelaparanlah yang mengubah menu santap hewan yang menjadi ikon nasional Cina itu. Para ilmuwan menyebut ada sekitar 1.600 panda raksasa yang hidup di alam liar di pegunungan barat daya Cina. Namun spesies ini kian terancam oleh makin banyaknya penebangan liar dan pembukaan lahan pertanian di Cina.

Jadi, manusialah yang membikin panda berperilaku seperti babi.

www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Panda Kelaparan Mampu Menghabiskan Makanan Babi”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...