Tuesday, March 2, 2010

Migrain Dapat Mengurangi Risiko Kanker Payudara


www.AstroDigi.com

VIVAnews.com - Umi Kalsum | Rabu, 17 Februari 2010 | Tahukah Anda, migrain ternyata bisa mengurangi risiko kanker payudara pada wanita. Sebuah penelitian menemukan bahwa 26 persen wanita yang menderita migrain lebih kecil berpeluang mengalami penyakit mematikan itu.

Fred Hutchinson, peneliti kanker di Seattle dan diterbitkan dalam jurnal Cancer Epidemiology, Biomarkers, and Prevention melakukan penelitian yang melibatkan 4.500 wanita.

Hasilnya, faktor-faktor yang biasanya memicu migrain dapat dihubungkan dengan kanker payudara, seperti alkohol dan terapi penggantian hormon.

Temuan ini menarik, namun belum jelas mengapa hal itu bisa terjadi. Mungkin ini terjadi karena perbedaan hormon yang ada pada wanita. Secara signifikan efek perlindungan dari migrain memang ada pada wanita yang telah mengalami menopause maupun tidak.

Dr Christopher Li, seorang ahli epodemiologi kanker payudara mengatakan, “Pada kanker payudara ini relevan karena ada beberapa faktor risiko yang berbeda antara perempuan tua dan muda."

Dalam studi ini pihaknya melihat penurunan risiko kanker payudara yang sama terkait migrain, ini tanpa mengenal usia. "Kita tahu migrain jelas berkaitan dengan hormon dan itulah sebabnya kita melihat hal ini dalam tempat pertama," kata dia.

www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Migrain Dapat Mengurangi Risiko Kanker Payudara”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...