Tuesday, March 23, 2010

Kesepian Bisa Sebabkan Penyakit Darah Tinggi


www.AstroDigi.com

VIVAnews.com | Minggu, 21 Maret 2010 | Di Amerika Serikat, penyakit darah tinggi memberikan kontribusi 18% dari total kematian.
Percayakah Anda, kesepian dapat membuat tekanan darah seseorang menjadi tinggi? Berdasarkan penelitian terbaru menyebutkan kurangnya hubungan dengan orang lain tidak hanya membuat tidak bahagia namun juga buruk bagi kesehatan.

Para psikolog menemukan hubungan langsung antara kesepian dengan tekanan darah tinggi baru terasa dampaknya empat tahun kemudian, dengan demikian maka anggapan jika penyebab tekanan darah tinggi adalah kegemukan dan merokok itu tidak benar. Selain itu juga tidak ada hubungannya dengan stres serta depresi.

"Unik memang rasa kesepian bisa beresiko bagi kesehatan diri kita sendiri," ujar psikolog dari Universitas Chicago, Dr. Louise Hawkley, dalam artikel di jurnal Psychology and Aging, yang dikutip laman harian The Telegraph, Sabtu 20 Maret 2010.

Hasil penelitian ini membuat Hawkley menjadi peneliti pertama yang menemukan adanya hubungan antara kesepian dengan terjadinya tekanan darah tinggi. Penyakit darah tinggi di Amerika Serikat memberikan kontribusi 18 persen terhadap total angka kematian di negara itu.

Temuan ini diperoleh berdasarkan penelitian terhadap 229 orang berusia 50-68 tahun dengan sistem grup dan dipilih secara acak.

Dalam penelitian itu mereka diminta menilai hubungan dengan orang lain melalui serangkaian topik seperti, Aku punya banyak kesamaan dengan orang-orang di sekitar saya, hubungan yang dangkal dengan orang disekitar dan mencari persahabatan ketika menginginkannya, tutur Hawkley.

Setelah melakukan penelitian selama lima tahun, akhirnya di temukan korelasi antara rasa kesepian dengan tekanan darah tinggi pada masa itu. Di antara semua orang dalam sampel, orang-orang yang paling kesepian melihat tekanan darah mereka naik lebih dari 10 persen atau lebih dari 14.4mm tekanan darah mereka yang paling sering berhubungan dengan orang lain.

www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Kesepian Bisa Sebabkan Penyakit Darah Tinggi”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...