Monday, March 15, 2010

K-On!, Grup Band Imajiner yang Kesohor di Jepang


www.AstroDigi.com

Kompas.com | Jumat, 12 Maret 2010 | Dunia anime (kartun Jepang) selalu mendatangkan wabah. Kali ini, datang dari grup band animasi K-On! (baca 'keiong'). Inilah grup band fiksi anime pertama yang merajai tangga-tangga lagu dan rekor penjualan album CD musik tertinggi di Jepang.

Album musik mereka After School Tea Time bahkan terjual 67.000 keping di minggu pertama setelah di rilis. Sementara lagu unggulan mereka ‘Cagayake Girls’ dan ‘Don’t Say Lazy’ masing-masing diunduh lebih dari 100.000 kali juga di minggu pertama setelah dirilis.

Popularitas serial anime K-On! (Bahasa Jepang: musik pop) makin menjulang setelah serial animasi ini ditayang di stasiun televisi di Jepang. Serial ini mengajak penontonnya tertawa, terhibur, dan terpukau melihat aksi panggung mereka. K-On! merupakan sebuah band cewek murid sekolah menengah atas.

Grup band animasi ini dinahkodai Yui Hirasawa (gitaris, kastanyet), Ritsu Tainaka (drum), Mio Akiyama (vokal) dan Tsumugi Kotobuki (kibor), yang awalnya terbentuk untuk menyelamatkan klub musik di sekolah mereka yang terancam dibubarkan karena kekurangan anggota. Tak disangka, K-On! justru menjadi band cewek paling keren di Jepang dan berhasil menyelamatkan klub musik kecintaan mereka itu.

Di luar tayangan serial televisi, lagu-lagunya dan klip video musik mereka telah membuat K-On! menjelma sebagai band cewek terpanas di Jepang dan memiliki penggemarnya sendiri.

"Kesuksesan di dunia musik ternyata tidak hanya dimiliki manusia, Band Gorillaz asal Inggris sudah membuktikannya, dan kini K-On!, telah mengikuti jejak mereka. Uniknya, kesuksesan mereka berawal dari komik manga dan serial anime," kata Gregory Ho, Vice President dan General Manager Animax Asia, dalam siaran persnya, Jumat (13/10/2010).

K-On! telah berhasil menyabet berbagai penghargaan, termasuk sertifikat Emas dari Asosiasi Industri Rekaman di Jepang dan penghargaan untuk kategori lagu tema terbaik dalam Animation Kobe Awards ke-14 untuk lagu ‘Cagayake Girls’ yang menjadi tema serial anime K-On!.

Kesuksesan K-On! tidak berhenti di situ. Rilis DVD pertama K-On! dalam format blu-ray disc terjual sebanyak 33.000 keping dalam minggu pertama dan menempati urutan pertama penjualan Blu-ray DVD di Jepang dan menempati urutan pertama nilai penjualan anime TV berformat Blu-ray disc di Jepang, yang melebihi rekor yang sebelumnya dipegang Macross Frontier, yang terjual 22.000 keping untuk volume pertamanya.

Yang bikin mencengangkan lagi, K-On! memiliki penggemar berat yang mengejar koleksi berbagai produk yang ‘digunakan’ K-On!

Sebagai bukti, gitar bas elektrik Fendermodel JB62/LH/3TS khusus untuk basis kidal, yang digunakan oleh MioAkiyama secara mengejutkan terjual habis hanya dalam kurun waktu kurang dari 3 minggu di mana produk sejenis biasanya terjual habis dalam 6 bulan, 800 persen lebih cepat dari penjualan normal mereka selama ini.

Tak ketinggalan headphone canggih produksi Austria, AKG model K701 yang dibandrol seharga 760 dollar AS per buah yang juga digunakan oleh Mio, ludes terjual setelah muncul dalam episode ke-5 K-On!. Padahal headphone itu telah beredar di pasaran sebelumnya, dan baru sekali itu terjual habis,sejak itu headphone tersebut pun lebih popular dengan sebutan ‘Mio-phone’ dan menjadi barang koleksi.

Awalnya K-On! merupakan serial komik manga diciptakan oleh Kakifly untuk sebuah majalah komik di tahun 2007. Serial anime musim pertamanya dibuat oleh Kyoto Animation hanya untuk 13 episode di pertengahan 2009 lalu, dan musim keduanya akan mulai ditayangkan di Jepang pada bulan April 2010 dan sudah amat dinanti para penggemarnya.

Seperti apa kehebohan mereka, pemutaran perdana serial animasi K-On! akan ditayangkan di animax pada16 Maret 2010 ini, tiap Selasa pukul 19.00 WIB.

www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...