Tuesday, March 2, 2010

JUKU Mencontek Plurk, Microsoft Bisa Dituntut


www.AstroDigi.com

VIVAnews.com | Kamis, 17 Desember 2009 | Microsoft kemungkinan akan menghadapi gugatan hukum meskipun telah meminta maaf setelah mencuri kode program dari layanan mikroblogging kompetitor mereka, Plurk.

Adapun kode tersebut digunakan di layanan Juku, mikroblogging yang hadir di MSN China.

“Saat ini kami melihat seluruh peluang yang ada untuk bagaimana mengambil langkah sebagai jawaban dari pernyataan terakhir Microsoft,” kata Alvin Woon, salah satu pendiri Plurk, pada PC Advisor, 17 Desember 2009.

“Gugatan hukum tentu merupakan salah satu dari banyak pilihan yang sedang kami pertimbangkan dan akan terus memperhatikan itu,” ucap Woon.

Plurk menggunakan blog untuk menyatakan bahwa sekitar 80 persen kode yang digunakan Juku dicuri dari Plurk. Microsoft kemudian meminta maaf dan menyatakan bahwa perusahaan luar yang disewa untuk mengembangkan Juku telah mengkopi sebagai kode dari Plurk.

Pernyataan dari produsen software terbesar dunia tersebut cukup aneh, pasalnya salah satu juru bicara MSN China, awal bulan ini membela Juku sebagai sebuah ‘inovasi lokal yang dikembangkan oleh MSN China, berdasarkan Windows Live Messenger’.

Pernyataan tersebut diungkapkan sebagai tanggapan dari blogger China yang sebelumnya menuduh bahwa Juku merupakan versi bajakan dari Plurk.

Masalah ini menempatkan Microsoft di posisi yang tak lazim. Pasalnya, perusahaan itu sudah bertahun-tahun mengeluh seputar pembajakan software miliknya, terutama di China.

www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “JUKU Mencontek Plurk, Microsoft Bisa Dituntut”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...