Tuesday, March 16, 2010

Ingin Anak Anda Pintar? Berikut 5 Tips Melakukan Stimulasi Pada Otak Bayi


www.AstroDigi.com

Okezone.com | Kamis, 11 Maret 2010 | OTAK bayi bukan miniatur otak dewasa. Ia masih akan menjadi besar dan berkembang dari otak yang semula imatur menjadi matur. Selama otak berkembang pesat di tahun-tahun pertama kehidupan anak, inilah saat paling tepat untuk menstimulasinya.

Bagaimana cara efektif menstimulasi bayi? Berikut ini tipnya untuk Anda:

Pertama
Air susu ibu (ASI) adalah nutrisi terbaik untuk bayi Anda. Berikan ASI hingga setidaknya umur 6 bulan. Jangan lupa lakukan imunisasi.

Kedua
Stimulasi paling sederhana tetapi sangat bermanfaat untuk stimulasi otak adalah kasih sayang dan kehangatan. Ini bisa dilakukan dengan cara memeluk dan menyentuhnya. Bernyanyilah atau bicaralah pada bayi anda saat memandikannya, memakaikannya baju, menyusui, bermain, jalan-jalan dan saat mengemudi.

Ketiga
Pahami kondisi psikologisnya. Kenali saat dia sedih dan bahagia. Saat dia sedih dan marah berusahalah untuk menyenangkan hatinya. Bayi biasanya tidak senang dikecewakan.

Keempat
Kenalkan objek-objek berwarna dalam berbagai bentuk, ukuran, jenis dan tekstur benda yang berbeda-beda. Biarkan dia merasakan dan bermain dengan benda tersebut. Tunjukan juga padanya foto-foto keluarga dan buku untuk anak-anak.

Kelima
Meski si kecil belum memahaminya, tetapi biasakan untuk membacakan cerita untuknya. Pilih buku cerita bergambar warna-warni. Selain mendengar, si kecil juga bisa melihat gambargambar tersebut.

www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Ingin Anak Anda Pintar? Berikut 5 Tips Melakukan Stimulasi Pada Otak Bayi”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...