Friday, March 19, 2010

Foto Obama Cilik Ditemukan di Menteng Dalam


www.AstroDigi.com

VIVAnews.com | Kamis, 18 Maret 2010 | Jelang rencana kedatangan Barack Obama ke Indonesia pekan depan, teman-temannya semasa kecil tampaknya kian sibuk mengudak-udak lemari dan kotak-kotak lama di rumah mereka, apakah masih menyimpan foto yang menunjukkan gambar presiden Amerika Serikat itu saat masih bocah?

Salah seorang teman kecil Obama yang beruntung masih menyimpan foto dalam keadaan bagus adalah Hadi Surya Dharma. Kepada kantor berita Associated Press, dia menyerahkan sebuah foto yang dibuat lebih dari 40 tahun lalu untuk dipublikasikan jelang kunjungan Obama, rencananya 23-25 Maret 2010.

Foto hitam putih itu menunjukkan bahwa Obama - yang dulu lebih dikenal sebagai Barry Soetoro - sedang bermain bersama teman-teman dalam suatu pesta ulang tahun. Di foto itu, Hadi mengaku sebagai bocah yang persis duduk di sebelah Barry.

Obama, yang berayah kandung seorang pria asal Kenya dan ibunya warga Amerika, pernah tinggal di Indonesia selama 1967-1971. Saat pindah ke kawasan Menteng Dalam, Jakarta, dia masih berusia 7 tahun. Dia pindah ke Jakarta bersama ibunya, Ann Dunham, yang saat itu menikah dengan pria Indonesia bernama Lolo Soetoro.

Sejumlah warga yang bertetangga dengan Obama kecil di Menteng Dalam masih ingat dengan tingkah lakunya. "Dia mampir ke setiap rumah warga, bermain layang-layang dengan anak-anak setempat dan ikut susah-payah berjalan di tengah lumpur," kata Coenraad Satja Koesoemah.

Dia mengaku menyediakan teras di rumahnya untuk digunakan ibunda Obama memberikan les Bahasa Inggris kepada penduduk setempat. "Dia dulu adalah bocah Menteng Dalam, apalagi yang dapat saya katakan?" kata Coenraad seperti dikutip laman harian The Telegraph.

Selama lima bulan pertama tinggal di Jakarta, Obama susah payah belajar Bahasa Indonesia sebelum akhirnya fasih bercakap-cakap. Dia pun menjadi kesukaan para guru dan murid setempat.

Namun, dia juga menjadi sasaran ledekan. Menurut Kay Ikranagara, pengalaman semasa kecil itulah yang membentuk karakter Obama sebagai politisi ulung dan pemimpin.

"Salah satu alasan mengapa dia begitu tenang dan tidak cepat marah adalah dia dulu terbiasa menghadapi ledekan," kata Kay, yang mengaku pernah bekerja dengan Dunham dan kenal keluarga mereka secara dekat. "Kuncinya, jangan sampai menunjukkan kepada orang lain bahwa kita terganggu [oleh ledekan]," lanjut Kay.

www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

1

Gak tahu kenapa sekarang aku sudah gak begitu tertarik beritanya Obama entah dia pernah di indo atau ndak. Ndak tau kenapa...

Muara Pos said...
on 

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...