Saturday, March 6, 2010

Charge Ponsel Dengan Gerakkan Tangan


www.AstroDigi.com

Tribun-timur.com | Senin, 22 Februari 2010 | Seringkah kita mengalami kehabisan baterai ponsel ketika berada di perjalanan. Menjengkelkan dan merepotkan bila harus ke mana-mana dengan ponsel mati, gara-gara kehabisan power baterainya. Bagaimana kalau pada saat yang sama ternyata ada panggilan penting yang masuk. Berdasarkan kabar yang beredar di dunia teknologi, sebentar lagi pemilik ponsel men-charge baterai ponsel atau iPod dengan cara menggerak-gerakan tangan.

Para ahli sedang mempertimbangkan mengenai penggunaan teknologi yang bisa mengubah energi mekanik (gerak) yang berasal dari gerakan tubuh atau gerakan aliran darah di dalam tubuh menjadi energi elektrik (listrik) yang memanfaatkan tenaga jangkauan luas device elektronik tanpa menggunakan baterai.
Penelitian ini mungkin akan berdampak besar pada teknologi pertahanan, monitoring lingkungan, ilmu biomedical, dan juga elektronik pribadi, seperti yang telah dikatakan Pimpinan Penelitian Zhong Lin Wang dari Georgia Institute of Technology.
"Nyatanya nanogerator terbaru bisa saja memiliki aplikasi yang banyak dan terdapat suatu cara untuk menjalankan device electronik yang biasa dipakai oleh militer saat pasukan berada jauh di medan tempur," jelas Zhong Lin Wang.
Menurut para peneliti, pengumpulan energi yang berasal lingkungan adalah dengan mengubah getaran frekuensi rendah, seperti halnya gerakan tubuh, detak jantung, atau hembusan angin, ke dalam bentuk energi elektrik menggunakan Zinc Oxide (ZnO) Nanowires yang dapat menghantarkan listrik dengan baik.


ZnO kawat Nanowires merupakan Piezoelectric yang menghasilkan arus listrik saat bergerak keras. Diameter dan panjang kawat berukuran 1/5,000th dan 1/25th, yang mana ini berarti seukuran diameter rambut manusia.
Dalam menghasilkan energi yang berasal gerakan, para peneliti menyimpulkan bahwa cara tersebut merupakan cara yang paling efektif untuk mengembangkan sebuah metode yang bekerja pada frekuensi yang rendah dan berdasarkan pada kefleksibelan unsur materialnya.
ZnO nanowires dipadukan dengan cara-cara tersebut. Pada saat yang sama, para peneliti mengatakan suatu keuntungan yang nyata dari teknologi ini adalah bahwa nanowires dapat berkembang secara mudah pada berbagai macam permukaan, dan nanogenerator akan bekerja di udara atau cairan. Jenis permukaan yang bisa membuat nanowires berkembang di antaranya metal, keramik, polymer, pakaian dan tenda.
"Secara sederhana, teknologi ini bisa digunakan untuk menghasilkan energi dalam kondisi apapun selama ada gerakan. Nanogenerator yang akan terutama penting bagi kebutuhan ketika berada di perjalanan, di mana mereka berada jauh dari sumber energi dan perlu menggunakan sensor atau perangkat komunikasi," jelas Wang.

www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Charge Ponsel Dengan Gerakkan Tangan”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...