Monday, March 22, 2010

Awas! Bahaya Bisa Datang Dari Jarum Akupunktur Yang Tidak Disterilkan


www.AstroDigi.com

Tempointeraktif.com | Jum'at, 19 Maret 2010 | Profesor Patrick Woo dari Universitas Hong Kong menduga jarum yang digunakan pada pengobatan akupunktur berbahaya bagi kesehatan. “Jarum yang digunakan menusuk jauh ke dalam kulit, bisa menyebabkan infeksi,” kata Woo kepada BBC, Jumat (19/3). Kesimpulan ini, diperolehnya dari gambaran banyaknya riset dari berbagai belahan dunia yang menunjukkan jarum itu dianggap berbahaya. “Ada bakteri yang ikut menyusup dan menyebabkan penyakit yang serius,” katanya.

Efek dari bakteri ini, katanya, misalnya kerusakan sendi, kegagalan fungsi organ tubuh, gangguan pencernaan, hingga kelumpuhan. “Dalam beberapa kasus, akupunktur juga menimbulkan penyakit Hepatitis B,” kata Woo.

Hingga kini banyak yang tidak menyadari jarum yang digunakan pada akupunktur tidak berbahaya, karena reaksinya yang lama. Menurut Woo, lamanya proses ini karena proses inkubasi bakteri itu di dalam tubuh. “Jarum yang digunakan harus sekali pakai,” kata Woo.

Juru bicara British Acupuncture Council, organisasi yang mewadahi para terapis akupunktur di Inggris, Janet Stringer, menyebut mereka menerapkan standar yang ketat kepada anggota mereka. Para terapis, diharuskan untuk mengikuti pelatihan, dan menjunjung tinggi kode etik yang mewajibkan melindungi pasien dari efek jarum. “Kami sangat ketat menerapkan kebersihan pada jarum,” kata Janet.

www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Awas! Bahaya Bisa Datang Dari Jarum Akupunktur Yang Tidak Disterilkan”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...