Saturday, March 27, 2010

Atasi Sembelit Dengan Kacapiring


www.AstroDigi.com

CBN.net.id | Selasa, 23 Maret 2010 | Dengan bentuk bunga yang cantik dan harum, mungkin tidak akan pernah ada yang menduga jika tanaman kacapiring berkhasiat menyembuhkan beberapa macam penyakit. Pemilik nama latin Gardenia Augusta ini termasuk ke dalam perdu tahunan dari suku kopi-kopian atau Rubiaceae.

Asal tanaman ini dari Asia Timur dan cocok tumbuh di daerah pegunungan atau lokasi yang tingginya lebih dari 400 meter di atas permukaaan laut.. Bunganya berwarna putih dengan keharuman yang khas. Daunnya berbentuk oval, tebal, licin dan mengkilap. Sementara buahnya yang berwarna kuning, sering digunakan sebagai pewarna kue tradisional (wagashi), asinan lobak (takuan) dan pencelupan tekstil di Jepang.

Kandungan

Hasil penelitian para ahli mengungkapkan bahwa tanaman ini mempunyai senyawa kandungan zat minyak menguap. Minyak menguap tersebut antara lain mengandung unsur linaloldan styrolyl. Sementara buahnya diketahui mengandung crocin (salah satu jenis karotenoida) berwarna kuning cerah seperti yang terdapat pada safron.

Khasiat

Kandungan zat kimia pada buah kacapiring diyakini dapat mengatasi sembelit. Bagian daun dari tanaman ini bisa juga dimanfaatkan sebagai obat sariawan, demam dan Diabetes Mellitus. Sedangkan bagian akar berkhasiat sebagai obat sakit gigi.

Pengobatan

* Sukar buang air besar.
Rebus 3 biji buah kacapiring dengan 2 gelas air sampai mendidih dan tersisa 1 gelas. Lalu minum larutan ini.

Sumber: conectique.com

www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Atasi Sembelit Dengan Kacapiring”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...