Sunday, March 7, 2010

Air Galon Ternyata Belum Tentu Bebas Kuman


www.AstroDigi.com

Tribun-timur.com | Sabtu, 6 Maret 2010 | Keracunan tidak melulu berasal dari makanan. Air minum juga bisa menjadi sumber kuman. Makanya harus lebih teliti lagi dalam mengkonsumsi air, termasuk memasak air menjadi penting untuk membunuh kuman yang ada di air.

"Pada air mentah, banyak kuman yang bisa menimbulkan gejala keracunan, seperti diare," kata Mulyadi Tedjapranata, dokter yang berpraktik di Klinik Medizone, Kemayoran, Jakarta Utara, seperti dilansir kompas.com.

Mulyadi menjelaskan, banyak orang keracunan karena tidak memasak air dengan cara yang benar. Anggapannya, mendidih saja sudah cukup.

"Padahal, air harus dimasak pada suhu 100 derajat celsius selama 5 sampai 10 menit, baru kompornya dimatikan. Dengan demikian, kuman baru benar-benar akan mati," kata Mulyadi.

Air dari dispenser juga tidak selamanya bebas kuman. Memang, biasanya orang dewasa tidak mengalami keluhan atau gangguan saat mengonsumsi air galon.

Namun, ada baiknya jika dikonsumsi oleh anak-anak, air galon dimasak terlebih dahulu. Air yang digunakan untuk membuat susu sebaiknya dimasak terlebih dahulu sampai 100 derajat celsius untuk membunuh kuman yang masih tersisa.

www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Air Galon Ternyata Belum Tentu Bebas Kuman”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...