Wednesday, October 29, 2014

WAVEPAD, Aplikasi Audio Editor Dengan Output WAV

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Rabu, 29 Okt 2014 | Dalam setiap rapat dikantor maupun luar kantor, kadangkala saya perlu membuat rekaman pembicaraan dari rapat tersebut, yang mana hasil rekaman tersebut dapat saya gunakan sebagai alat bantu untuk mencocokan notulen rapat yang dibuat oleh sekretaris, atau pada kasus lain kadangkala rekaman tersebut saya gunakan sebagai alat bukti bahwa sebuah materi telah didiskusikan, atau sebuah keputusan sudah pernah dibuat, dan lain sebagainya.

Dalam rekaman seringkali terdapat juga banyak pembicaraan yang tidak perlu ikut terrekam, atau kadangkala saya lupa mematikan fasilitas perekam suara dari HP saya segera setelah rapat selesai, sehingga terdapat spasi kosong panjang pada akhir rekaman saya. Atau kadangkala volume percakapan hasil rekaman terlalu lemah, suara para audience menjadi kurang jelas terdengar.

www.AstroDigi.com Dengan menggunakan PC atau laptop, masalah ini dengan mudah saya atasi dengan berbagai tool diPC (tools favorit saya adalah Cool Edit Pro). Namun karena pekerjaan memindahkan file dari HP ke PC saya rasa membuat saya harus melakukan pekerjaan ekstra setiap kali akan melakukan editing, maka saya coba atasi dengan mencari aplikasi audio editor untuk HP Android saya agar pekerjaan editing bisa saya lakukan langsung dari HP . . simpel.

Salah satu aplikasi yang saya sudah coba dan cukup mudah penggunaannya adalah Wavepad, aplikasi buatan . . . ini mampu mengubah file audio dari berbagai format (WMA, WAV, MP3, OGG, AMR, dan lain sebagainya), menjadi file berformat WAV (versi berbayar memungkinkan user untuk menghasilkan output MP3 dan AIFF). Dan dapat juga menerima input langsung dari suara yang direkam langsung oleh aplikasi Wavepad itu sendiri.

Dengan mengatur setting, user dapat memilih sample rate pada 11Khz, 22Khz, 44,1Khz. Makin besar sample rate yang dipilih maka makin bagus hasil suaranya, namun ukuran filenya juga makin besar. Kemudian juga ada pilihan sample size, pada pilihan ini tersedia pilihan 8 bits, 16 bits, 24 bits, 32 bits. Sama seperti halnya pilihan sample rate tadi, makin besar nilai bit yang dipilih berarti makin bagus hasil suaranya namun makin besar ukuran filenya.

Format WAV adalah format dasar audio yang tanpa adanya faktor kompresi sama sekali, keuntungannya adalah format WAV adalah format yang bisa diterima oleh segala macam aplikasi ataupun gadget, namun karena tidak ada faktor kompresi ukurannya besar. Wavepad bukan hanya bisa digunakan untuk mengedit rekaman percakapan, tetapi juga dapat digunakan untuk mengedit file musik.

User bisa menggunakan Wavepad untuk membuat ringtone dari file musik, bisa memotongnya agar tidak terlalu panjang, sehingga ukuran filenya juga kecil. Wavepad juga dapat mengirimkan (mengekspor) langsung file hasil editing-nya ke alamat FTP, Email, Dropbox, Bluetooth, 4shared, dan lain sebagainya.

Untuk keperluan mengedit musik, Wavepad menyediakan fitur yang cukup lengkap, yaitu:

1. Fade
Untuk membuat kesan volume suara mengecil perlahan hingga menghilang, atau sebaliknya dari keadaan sunyi suara dibuat membesar sedikit demi sedikit hingga masuk ke-volume normal.

2. Clean Up
Membuat spasi atau suara kosong (=tanpa suara, sunyi)

3. Voice
Menekan volume suara, mengatur kecepatan suara, mengatur pitch

4. Special FX
Untuk menambahkan efek echo (gema)

5. Reverse
Untuk membalik suara

6. Stereo Pan
Untuk mengambil suara dari salah satu channel stereo, atau mengubahnya menjadi mono

7. Equalize
Mengatur volume dari nada rendah (bass), nada tengah (mid range), dan nada tinggi (treble)

8. Normalize
Untuk mengatur keselarasan volume suara.

9. Amplify
Menguatkan volume suara.

'----------------------------------------

Jadi bila saya bandingkan dengan editor favorit saya diPC, Wavepad saya nilai cukup mampu menggantikan fungsi audio editor diPC, dengan hanya mengandalkan aplikasi diHP untuk mengedit rekaman suara ataupun musikAkhir kata, semoga artikel ini berguna bagi pembaca, selamat mencoba . . have a nice day :-)

 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)