Wednesday, October 22, 2014

7 Langkah Untuk Mewujudkan Mimpi Menjadi Kenyataan (Part 2)

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Rabu, 22 Okt 2014 | Pada bagian pertama dari artikel ini (baca: 7 Langkah Untuk Mewujudkan Mimpi Menjadi Kenyataan (Part 1)), saya telah membahas mengenai, 2 langkah pertama mengenai cara mewujudkan impian menjadi kenyataan, atau cara untuk membuat mimpi menjadi sebuah kekuatan yang mampu membawa anda menuju kesuksesan.

Berikut ini adalah langkah selanjutnya yang harus anda lakukan untuk mempermudah perwujudan mimpi anda.

3. Apa Yang Anda Tukarkan Untuk Memperolehnya?

Ada sebuah jargon dalam bahasa Inggris "no free lunch" yang meskipun artinya adalah tidak ada makan siang yang gratis, namun tentunya makna yang dimaksud dari jargon tersebut bukanlah hanya tentang makan siang saja. Maksudnya adalah bahwa segala hal didunia ini tidaklah dapat diperoleh dengan cuma-cuma.

Bila sedikit menyerempet ke wilayah agama saja, tentu semua manusia tahu bahwa surga sebagai tempat indah, nyaman, asri, tenteram, dan menyenangkan yang dijanjikan Allah pun tidak diberikan secara gratis, manusia harus berusaha untuk senantiasa berbuat baik terhadap sesamanya dan memelihara kebaikan yang sudah terwujud serta menjalankan segala ibadah yang diwajibkan olehNya.

Demikian pula dengan hal-hal yang terkait dengan perwujudan impian anda, semuanya tidaklah anda peroleh dengan gratis. Tidak gratis ini bukanlah berarti anda harus membeli atau menukarnya dengan UANG semata. Namun kadangkala anda harus menukarnya dengan waktu, tenaga, harta benda lain selain uang, pikiran (termasuk didalamnya adalah: solusi, kreativitas, ide, dan lain sebagainya).

Nah pertukaran antara komponen-komponen yang mampu mewujudkan impian anda biasanya tidak cukup dengan uang saja. Maka anda harus menentukan akan anda tukar dengan apa saja? Bila uang maka tentukan berapa? Bila tenaga atau ketrampilan, maka tentukan ketrampilan apa? Bila waktu sebagai penukarnya, maka tentukan waktu yang mana yang anda tukarkan.

Misalnya bila saat ini anda biasa bersantai dan bercengkrama dengan keluarga sepulang kantor, dan punya waktu untuk jalan-jalan bersama setiap akhir pekan, bila anda putuskan waktu itu untuk anda tukarkan, maka berarti anda akan tahu konsekuensi yang anda hadapi nantinya saat anda sedang dalam proses mewujudkan mimpi anda.

Demikian juga bila anda memutuskan untuk menggunakan uang sebagai penukarnya, maka sebagai konsekuensinya anda akan tahu bahwa sejumlah uang akan berlalu dari kantong atau rekening bank anda. Disini hukum kekekalan energi berlaku, artinya makin besar daya yang anda keluarkan maka akan makin besar daya yang anda dapatkan, dan bisa jadi perwujudan impian anda akan lebih cepat.

Bila anda memutuskan menukar impian dengan ide anda, maka jelaslah, bahwa ide yang selama ini hanya mengeram didalam benak anda dan hanya anda seorang yang tahu, harus anda keluarkan dan bagikan kepada orang lain, yang berarti tentu ada resiko dimana ide anda (bila memang unik dan cemerlang) bisa dibajak oleh orang lain yang kebetulan punya potensi lebih untuk mewujudkannya lebih cepat dan mampu mendahului anda.

Hal yang banyak dilakukan oleh orang-orang yang ingin mewujudkan impiannya adalah menukar perwujudan impiannya dengan kesehatan. Atau mengorbankan kesehatan sebagai bagian atau komponen penukar untuk mewujudkan impiannya.

Hal ini sangat disayangkan, karena kesehatan adalah sesuatu yang sangat bernilai. Meskipun individu yang bersangkutan menyatakan bahwa kesehatan bukanlah merupakan bagian yang digunakan sebagai penukar, namun pada kenyataannya mereka dengan mantap mengorbankan kesehatan mereka.

Kerja tanpa istirahat yang cukup, lupa waktu makan, lupa atau meninggalkan kebiasaan berolahraga, banyak merokok sebagai dalih untuk memperlancar pekerjaan, dan yang paling parah adalah lari kepada minuman keras atau bahkan narkoba sebagai alasan untuk mengurangi stress (tekanan pekerjaan).

Disinilah perlunya, setiap individu mendeklarasikan KOMPONEN PENUKARNYA diawal. Putuskan secara bijak apa saja yang anda inginkan sebagai komponen penukarnya. Dan selanjutnya secara konsisten peganglah dengan teguh keputusan anda.

Bila pada fisika dikenal hukum kekekalan energi maka dalam kehidupan sehari haripun segala hal yang anda dapatkan adalah hasil dari pertukaran dari sesuatu komponen penukar menjadi sesuatu hasil yang baru.

Anda hanya bisa mempunyai tubuh kekar dan bugar misalnya, bila anda bersedia menukarnya dengan waktu, tenaga, biaya, istirahat, dan lain sebagainya.


4. Pastikan Waktunya

Setiap aktivitas tentu harus punya batas waktu, berapa lama harus dilakukan. Demikian juga kumpulan aktivitas anda dalam mewujudkan mimpi anda, tentu juga harus punya batas waktu.

Anda tentu tidak ingin impian anda baru tercapai dalam kurun waktu 100 tahun mendatang misalnya, belum tentu pada saat itu anda masih hidup, atau seandainya masih hidup maka besar kemungkinan anda sudah berada dalam kondisi yang tidak mampu menikmati hasil kerja anda secara optimal lagi karena terlalu tua.

Tentukan saja waktu untuk pencapaian target anda. Tentunya berapa lama waktunya akan ditentukan oleh bobot dari impian anda. Makin besar impian maka butuh waktu yang lebih lama untuk terwujud.

Point 3 diatas sudah menjelaskan bahwa harus ada komponen penukar kesuksesan anda. Waktu adalah sebuah komponen penukar yang pasti harus ada dalam daftar anda.

Sebagai tips, sebaiknya anda tetapkan waktu untuk perwujudan impian anda jangan lebih lama dari 5 tahun. Agar anda masih dalam kondisi optimal untuk menikmati hasil kerja anda nantinya.

Bersambung ke Part 3 >> 5. Susun Rencana Terbaik Anda

 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “7 Langkah Untuk Mewujudkan Mimpi Menjadi Kenyataan (Part 2)”


Post a Comment