Friday, October 24, 2014

7 Langkah Untuk Mewujudkan Mimpi Menjadi Kenyataan (Part 3 > Habis)

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Jumat, 24 Okt 2014 | Pada bagian pertama dan kedua, dari artikel ini, saya telah membahas mengenai, 4 langkah pertama mengenai cara mewujudkan impian menjadi kenyataan, atau cara untuk membuat mimpi menjadi sebuah kekuatan yang mampu membawa anda menuju kesuksesan.

Berikut ini adalah langkah selanjutnya yang harus anda lakukan untuk mempermudah perwujudan mimpi anda.

5. Susun Rencana Terbaik Anda

RENCANA .. sesuatu hal penting yang seringkali terabaikan. Dalam keseharian saya banyak menemui beberapa orang kenalan maupun famili yang pandai membuat rencana ditempat kerjanya, namun pada saat ingin mewujudkan impiannya malah tidak membuat rencana sama sekali, dan atau kadang membuat rencana yang asal asalan, tanpa detail.

Hal yang paling penting dalam menyusun rencana adalah anda harus fokus kepada TARGET anda dan jangan memfokuskan diri pada PROSES. Cukup anda tetapkan etika dan aturan agama sebagai koridor pengikat dari proses yang anda susun.

Dengan memfokuskan diri pada target, maka rencana anda tidak terikat oleh kebiasaan yang sudah biasa dijalani oleh kebanyakan orang, segala macam shortcut (jalan pintas) yang tidak terlihat oleh kebanyakan orang menjadi kemungkinan yang jelas dan nyata bagi anda.

Jarang ada orang yang menyadari bahwa proses yang sama, namun pada invidu, waktu, situasi, tempat yang berbeda seringkali membuahkan hasil yang berbeda.

Sedangkan target yang sama meskipun prosesnya berbeda, ya hasilnya akan tetap sama, karena memang tujuan itu lah yang hendak dituju dan dicapai.

Mulailah dengan mencatat, apa saja komponen yang dibutuhkan dalam mencapai target, setelah semua komponen yang dibutuhkan tercatat dalam daftar anda, lanjutkan dengan mengurangkan dengan daftar dari komponen penukar anda (ada di point 3).

Apabila dari daftar komponen yang dibutuhkan dikurangi dengan komponen penukar anda tidak menghasilkan selisih berarti komponen penukar anda sudah lebih cukup.

Apabila dari daftar komponen yang dibutuhkan dikurangi dengan komponen penukar anda menghasilkan selisih berarti komponen penukar anda kurang dari cukup.

Bagaimana bila komponen penukar anda tidak cukup? Itu berarti anda perlu orang lain, yang harus menjadi partner anda dalam mewujudkan mimpi anda, untuk melengkapi daftar komponen penukar anda agar sesuai dengan kebutuhan anda.

Perencanaan dengan diawali dengan membandingkan dan mengukur selisih daftar kebutuhan dan daftar komponen penukar ini jarang dilakukan orang, padahal cara ini adalah cara paling efektif dalam mengawali penyusunan rencana.

Selanjutnya masukkan daftar aktifitas HARIAN, MINGGUAN dan BULANAN didalam rencana anda. Sehingga anda bisa tahu dengan pasti apa yang harus anda kerjakan dari waktu ke waktu.

Dan bagian paling akhir dari penyusunan rencana anda adalah, pencapaian atau progres dari waktu ke waktu. Misalnya: Minggu 1. Sewa ruko terselesaikan, Bulan ke 6. BEP terpenuhi, Tahun 1 Mobil operasional terlunasi, dan seterusnya ..  dan seterusnya.

Dengan cara itu maka langkah anda akan bisa termonitor dan terukur dari waktu ke waktu. Ibarat seorang yang sedang dalam perjalanan yang jauh dan panjang, tentu akan sangat penting mengetahui bahwa dalam suatu waktu tertentu sudah sampai dimana perjalanannya? Dengan perencanaan yang tepat akan bisa diketahui bahwa apakah dalam perjalanan ke suatu titik tertentu sudah tepat waktu, atau terlambat, atau lebih cepat?


6. Buat Dalam Tulisan Mengenai Ringkasan Dari Semuanya

Dalam film "Chasing Mavericks" yang menceritakan mengenai kisah nyata dari peselancar (surfer) legendaris asal Santa Cruz, California, bernama Jay Moriarity. Disitu ada suatu sesi dari latihan dimana Jay diwajibkan menuliskan esay oleh sang mentor. Tujuannya adalah agar sang mentor bisa mengetahui apakah "hati" dari sang anak murid memang ada disitu, beraktivitas tanpa hati akan membuat apapun yang dijalankan akan serasa sebuah paksaan.

Menjalani kehidupan dalam keterpaksaan tentulah bukan sesuatu yang menyenangkan dan bukanlah keinginan siapapun. Ringkasan tulisan yang mencatatkan apa yang anda lakukan dari hari ke hari akan membuat anda merasa bahwa anda merupakan bagian dari "sejarah" yang anda sedang bangun saat ini. Hal ini akan membawa dampak positif secara psikologis.

Bagi anda yang sering atau terbiasa secara rutin menulis buku harian pekerjaan ini adalah pekerjaan yang mudah atau mungkin masuk kategori sangat mudah bagi anda. Namun bagi anda yang tidak terbiasa menulis maka hal ini akan terasa berat pada awalnya. Namun . . jangan menyerah, jalan terus, mulailah kebiasaan menulis anda!

Buat ringkasan kegiatan anda dari mulai menyusun list, menyusun rencana hingga, aktivitas harian anda. Tuliskan kendala apa saja yang anda hadapi dan apabila anda menemukan solusi, maka solusi apa yang anda temukan untuk mengatasi kendala yang bersangkutan. Tulisan ini akan menjadi harta karun bagi anda bila suatu saat anda ingin membukukan pengalaman anda atau anda ingin memberikan training mengenai ketrampilan yang sesuai dengan pengalaman anda saat ini.


7. Afirmasi

Afirmasi adalah suatu metoda untuk memperkuat pikiran bawah sadar dalam menyukai, memahami, dan menginginkan sesuatu dengan cara membuat suatu pernyataan yang diulang untuk setiap periode tertentu. Afirmasi ini merupakan bagian dari proses pencucian otak dan juga sering digunakan oleh para praktisi hipnoterapi.

Salah satu contoh positif dari afirmasi adalah dzikir, saat berdzikir maka seseorang akan dibuat mengerti dan menghayati arti dari sesuatu doa, sifat Tuhan, tujuan baik. Misalnya: bila dalam dzikir seseorang menyebutkan berulang kali "Allah maha besar" maka alam bawah sadarnya akan menjadi paham dan mengerti dan menghayati mengenai kebesaran Allah.

Jadi buatlah afirmasi singkat mengenai target harian, mingguan, atau bulanan anda dan sebutkan kesuksesan yang ingin anda wujudkan dalam kalimat afirmasi anda. Misalnya target bulan ini adalah penjualan senilai 500 juta, untuk wilayah Sumatra Utara misalnya, maka anda bisa buat afirmasi:
"Aku yakin dan percaya bahwa diriku akan mampu dan berhasil menyelesaikan penjualan sebesar 500 juta rupiah untuk wilayah penjualan Sumatra Utara, dalam bulan ini!"

Ulangi pengucapan afirmasi tersebut sampai anda hafal, dan akan lebih bagus bila anda sudah hafal maka, ucapkan afirmasi tersebut saat anda rileks diwaktu menjelang tidur, pejamkan mata, dan ulangi afirmasi tersebut, puluhan, ratusan atau bila perlu ribuan kali hingga anda tertidur. Makin banyak jumlah afirmasi berarti informasi yang anda kirimkan ke pikiran bawah sadar anda juga semakin banyak dan akan menimbulkan sebuah "kesan" yang makin kuat dalam pikiran anda.

'-----------------------------
Ketujuh langkah tersebut akan mengubah mimpi anda menjadi sebuah angan dan keinginan yang kuat, yang melekat terus dalam pikiran anda. Angan dan keinginan yang kuat dan terus menerus ini akan meningkat menjadi obsesi, yang membuat anda merasa ada hal kurang apabila hal ini belum terwujud.

Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda, selamat beraktivitas .... have a nice day :-)

 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “7 Langkah Untuk Mewujudkan Mimpi Menjadi Kenyataan (Part 3 > Habis)”


Post a Comment