Wednesday, March 2, 2016

Tingkatkan Keamanan Laptop/Netbook Anda Dengan Proteksi BIOS

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Rabu, 2 Mar 2016 | Dalam setiap komputer, baik itu komputer meja (desktop) ataupun komputer jinjing seperti laptop, notebook, ataupun netbook, selalu dilengkapi dengan program bawaan yang disebut dengan BIOS. BIOS yang merupakan singkatan dari Basic Input Output System adalah sistem operasi yang paling mendasar untuk membuat komputer mengenali semua perangkat yang terhubung dan membuat semuanya dapat bekerja.

Perangkat-perangkat yang terhubung misalnya: keyboard, USB, hard disk drive, drive pengontrol tampilan layar, dan lain sebagainya, tidak dapat bekerja tanpa ada program yang mengaktifkannya. Program kecil yang mengaktifkannya inilah yang disebut BIOS.
www.AstroDigi.com
Program BIOS hanya menampilkan konfigurasi komputer dan sederatan daftar peralatan yang terhubung ke komputer. User dapat mengatur peralatan mana yang diaktifkan dan peralatan mana yang di-non-aktifkan. Salah satu contoh pengaturan peralatan lewat BIOS, user dapat membuat port USB tidak berfungsi.

Bila anda menggunakan netbook yang penuh dengan data-data yang sensitif dan bersifat rahasia, anda bisa mengatur BIOS sedemikian rupa agar USB port tidak berfungsi sehingga, peluang seseorang untuk melakukan peng-copy-an data lewat USB sirna. Bila diperlukan anda juga bisa membuat LAN dan Wireless LAN tidak berfungsi, sehingga jalur keluar masuk data menjadi terblokir.

BIOS juga mempunyai fitur untuk pemasangan password. Dengan pemasangan password di BIOS maka user akan diminta untuk mengisi password terlebih dahulu pada saat awal komputer dinyalakan, sehingga bila seseorang yang tidak diinginkan mencoba untuk mengakses komputer, akan terhenti langkahnya pada saat BIOS meminta password.

Biasanya BIOS mempunyai dua tingkat password, yaitu password Supervisor, dan password User, password Supervisor akan memberikan kewenangan untuk mengatur peralatan, password User akan memberikan kewenangan untuk melanjutkan pemakaian komputer, tapi tidak masuk kedalam halaman pengaturan peralatan.

Untuk komputer yang dipergunakan lebih dari satu orang, keamanan bisa ditingkatkan dengan memasang password Supervisor yang dipegang oleh admin atau pemilik perusahaan bila komputer milik perusahaan, atau kepala rumah tangga apabila komputer milik pribadi dan dipergunakan untuk keperluan rumah tangga. Dan selanjutnya password user yang diberitahukan kepada setiap pengguna lainnya.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian, selamat mencoba dan selamat beraktifitas .. have a nice day :-)

 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Tingkatkan Keamanan Laptop/Netbook Anda Dengan Proteksi BIOS”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...