Sunday, March 6, 2016

Sealand HavenCo, Lokasi Penyimpanan Data Paling Terasing Di Dunia

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Minggu, 6 Mar 2016 | Dari sekian banyak lokasi hosting yang paling terpencil dan terasing tampaknya Sealand HavenCo adalah penyedia layanan hosting yang paling terpencil. Sealand HavenCo tidak berada di daratan yang dapat terjangkau oleh kendaraan darat, tapi ia berada 7 mil (13 km) di lepas pantai negara Inggris, dan dikelilingi oleh lautan dengan terpaan gelombang yang kuat.

Pendirian usaha hosting unik ini diprakarsai oleh seorang pengusaha hosting bernama Avi Freedman. Berangkat dari pemikiran bahwa idealnya sebuah hosting haruslah aman dari pencurian data, atau kebocoran data, dari sana kemudian ia mendirikan perusahaan hostingnya ditempat yang sangat sulit dijangkau. Sealand HavenCo memproklamirkan bahwa perusahaan mereka menyediakan sarana hosting (penyimpanan data) paling aman di dunia, dan ampuh untuk menghindari pengecekan dari badan keamanan nasional (NSA).
www.AstroDigi.com www.AstroDigi.com
Karena selain wilayahnya yang sulit dijangkau, para pengelola perusahaan menempatkan para penjaga yang bersiaga penuh selama 24 jam dan dilengkapi dengan senapan kaliber 50. Diseputar bangunan juga dilengkapi dengan jaring-jaring magnetik untuk mencegah kapal yang penyusup mendekati bangunan. Dan untuk melengkapi pernyataan kemanannya mereka menyatakan bahwa dalam situasi dimana serangan tidak dapat mereka atasi maka mereka akan mematikan seluruh perangkat data dan merusaknya, sehingga tidak ada data yang bocor.

Bangunan beton raksasa dilepas pantai ini dibangun sudah cukup lama, meski tidak diketahui dengan pasti kapan mulai pembangunannya, namun dipastikan dibangun pada masa perang dunia II berlangsung. Sehingga bisa diterkan bahwa bangunan ini adalah bagian dari strategi pertahanan militer. Bangunan ini awalnya adalah sebuah stasiun pertahanan anti pesawat milik kerajaan Inggris. Yang tujuannya adalah untuk menghalau pesawat-pesawat musuh memasuki wilayah Inggris pada masa perang berlangsung.

Pada tahun 1967, seorang pensiunan tentara dengan pangkat mayor bernama Roy Bates, membeli hak atas kepemilikan bangunan tersebut. Karena Inggris tidak membutuhkan bangunan itu lagi setelah perang usai, dan memindahkan seluruh fungsi pertahanan udara yang setara pada bangunan lain yang lokasinya lebih dekat dengan garis pantai.

Bates kemudian melihat bahwa lokasi bangunan yang berada di lepas pantai Inggris memungkinkan mereka untuk mengklaim kemerdekaan dan menyatakan bangunan tersebut sebagai negara berdaulat sendiri. Bila lelucon ini ditanggapi oleh negara-negara sekitarnya, maka bangunan beton setinggi 60 kaki dari permukaan laut dengan luas area hanya 1.350 meter persegi ini akan menjadi negara paling mini diseluruh dunia.

Ditanggapi atau tidak tapi keluarga Bates tetap menganggap area ini adalah “negara”. Saat ini putra Michael Bates (putra Roy) menjadi raja di negara yang mereka dirikan ini. Mereka juga membuat mata uang, paspor, perangko dan stempel kerajaan sendiri. Ini yang disebut “lucu tapi percaya diri”.

Meski Sealand HavenCo, dikuasai oleh orang-orang eksentrik tersebut, namun ternyata usaha hosting mereka laku juga. Kepada para calon pelanggan, Sealand HavenCo menawarkan bahwa keamanan data mereka adalah yang terbaik dan hosting mereka adalah surga bagi data para pembobol data (hacker), pembajak account, koruptor, ataupun jenis kejahatan lain yang kerahasiaan datanya tinggi.

 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...