Monday, March 28, 2016

Penguburan Unik Ala Tanah Toraja

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Senin, 28 Mar 2016 | Indonesia adalah negara yang kaya dengan berbagai suku dan kebudayaan. Keanekaragaman kebudayaan mewarnai khasanah budaya Indonesia, salah satu yang menarik adalah bagaimana setiap suku tertentu mengadakan upacara sesuai dengan adat dan kebiasaan masing-masing. Salah satu acara adat yang cukup unik adalah penguburan di tanah Toraja.

Tidak seperti penguburan pada umumnya, masyarakat tanah Toraja melakukan penguburan bukan didalam tanah melainkan pada tebing-tebing batu. Jenazah yang diawetkan dikuburkan dilubang yang dibuat ditebing-tebing batu yang dipahat dengan tangan. Didepan makam biasanya diletakkan patung-patung yang merupakan simbol dari mereka yang dikuburkan didalamnya.

Pada makam leluhur tertentu, terdapat upacara yang disebut Ma’Nene, yang merupakan upacara adat untuk menggantikan pakaian yang dikenakan jenazah, dengan pakaian yang lebih baru dan bersih. Tebing-tebing pekuburan tersebut kini menjadi salah satu obyek yang menarik wisatawan yang berkunjung ke wilayah Toraja. Tidak ada kesan seram seperti halnya pemdangan pada kuburan pada umumnya, tebing pekuburan ini tampak seperti pigura besar yang menampilkan karya seni.

Untuk bayi yang meninggal terlalu dini, dimana saat ia meninggal belum sempat tumbuh gigi, biasanya akan dikuburkan didalam sebuah pohon raksasa yang sudah berusia ratusan tahun. Bayi yang meninggal dini tersebut dianggap masih suci dan pohon yang mengandung getah dianggap sebagai simbol dari susu ibu bagi sang bayi yang dikuburkan didalamnya.

Upacara mengantarkan jenazah ke tempat peristirahatan terakhirnya juga merupakan upacara yang tidak kalah megah dengan upacara pernikahan adat. Puluhan hewan kurban biasanya disajikan dalam upacara tersebut. Semakin tinggi derajat seseorang, biasanya akan makin megah upacaranya. Bagi masyarakat Toraja, upacara tersebut akan memudahkan mereka yang berpulang tersebut untuk masuk ke surga.

Keunikan penguburan ini menambah ciri khas dari budaya masyarakat Toraja yang dikenal dengan budaya seni ukirnya, seni pahat, tenunan kainnya yang khas dan indah. Maka pantaslah apabila wilayah Toraja merupakan salah satu tujuan wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Saksikan keunikan budaya masyarakat Toraja dalam deretan gambar-gambar berikut ini:
www.AstroDigi.com www.AstroDigi.com www.AstroDigi.com www.AstroDigi.com www.AstroDigi.com

 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Penguburan Unik Ala Tanah Toraja”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...