Tuesday, March 8, 2016

NORAD Komando Pertahanan Ruang Angkasa Yang Bukan Hanya Ada Di Film

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Selasa, 8 Mar 2016 | Menonton film yang berkisah tentang peperangan antara manusia bumi dengan makhluk luar angkasa, seperti “Independence Day”, “Interstellar”, “War Games”, “Stargate” dan film lain sejenisnya, biasanya menampilkan komando pertahanan manusia bumi yang berpusat diwilayah padang pasir, sebagai salah satu pusat komando peperangan.

Ternyata pusat komando pertanahan ruang angkasa seperti ini sungguh ada dan nyata, namanya NORAD, yang merupakan akronim dari “North American Aerospace Defense”, yang artinya adalah komando pertahanan ruang angkasa Amerika Utara. Sesuai dengan namanya lokasi NORAD memang berada di Amerika bagian utara, tepatnya di gurun Colorado Springs.

Bangunan awal dari gedung NORAD ini sudah ada sejak tahun 1950, dimana pada awalnya adalah markas angkatan udara Amerika yang terletak dekat dengan perbatasan Kanada. Dan juga merupakan simbol dari kerjasama militer antara US Air Force, milik Amerika Serikat dengan Royal Canadian Air Force milik pemerintah Kanada.

Kerjasasama Amerika-Kanada ini kemudian diresmikan pada tanggal 1 Agustus 1957. Pusat pertahanan militer ini dipimpin oleh perwira berpangkat jenderal bintang empat dari pihak Amerika dan wakil pimpinan berpangkat jenderal bintang tiga dari pihak Kanada. Saat ini NORAD dipimpin oleh Komandan Laksamana William E. Gortney, dari kesatuan US Navy (angkatan laut Amerika), dan Letnan Jenderal J.J.P. St-Amand dari Royal Canadian Air Force (angkatan udara Kanada)

Markas militer ini dilengkapi dengan bunker luas dibawah tanah, radar, senjata militer mutakhir, altileri kelas berat, rudal nuklir, dan ratusan pasukan militer pendukung dari Amerika dan Kanada. Markas pertahanan ini dipersiapkan untuk antisipasi masalah kriminal umum, seperti penyelundupan barang terlarang seperti senjata, barang berbahaya dan narkoba, juga antisipasi perang secara umum dengan membangun pertahanan udara dan laut, namun juga dipersiapkan untuk menghadapi perang besar seperti perang nuklir, dan yang lebih hebat lagi markas pertahanan ini dipersiapkan untuk mengantisipasi serangan dari luar angkasa.

Meski serangan alien sampai sejauh ini belum terjadi (semoga jangan sampai terjadi), namun kesiapan NORAD memang luarbiasa, berbagai peralatan pemantau atmosfer, radar, dan berbagai satelit pendukung yang ditempatkan diluar angkasa, memang menunjukkan keseriusan Amerika dalam menghadapi kemungkinan terjadinya serangan dari luar bumi.

Secara administratif NORAD mendapat dukungan tiga region, yaitu: NORAD Alaska, yang berada dibawah 11AF (pasukan angkatan udara kesebelas) milik Amerika, NORAD Kanada, yang berada dibawah pasukan udara divisi 1 Kanada, dan NORAD CONR/CANR yang berada dibawah gabungan pasukan udara, dan pasukan kontinental Amerika, dan pasukan udara Kanada.

Markas utama NORAD Alaska berada di markas pendukung ROCC (Regional Operations Control Center) di pangkalan militer Elemdorf-Richardson, yang berada di Alaska, dimana pasukan angkatan udara gabungan Amerika-Inggris dari pangkalan Elmendorf ditambah dengan pasukan darat Amerika dari Fort Richardson. Mereka bertugas untuk mengawasi kedaulatan wilayah Alaska lewat berbagai fasilitas pantauan udara.

NORAD Kanada, bermarkas di Winnipeg, Manitoba, menyediakan pengawasan dan pengendalian di wilayah udara Kanada. NORAD Kanada bekerjasama dengan Royal Canadian Mounted Police dan badan anti narkoba Amerika, mengawasi jalur yang biasa digunakan sebagai lintas perdagangan narkoba.

CONR bermarkas di Tyndall Air Force Base, pangkalan udara militer milik Amerika. CONR bertanggung jawab terhadap misi pertahanan udara Amerika Serikat dengan didukung oleh pangkalan udara Amerika yang tersebar di wilayah luar negeri. Dan seperti halnya NORAD Kanada, CONR juga mengawasi jalur lintas perdagangan narkoba.

Dana untuk pengoperasian NORAD sangatlah luarbiasa, NORAD memiliki "pengeluaran tahunan rata-rata sekitar lima dan satu setengah miliar dollar", termasuk tiga sistem peringatan dini rudal balistik.
Dan meski didukung oleh teknologi serba canggih, sistem peringatan NORAD tercatat setidaknya pernah mengalami tiga kali kegagalan, sehingga muncul peringatan keliru keseluruh pangkalan udara Amerika diseluruh dunia akan adanya serangan nuklir. Beruntunglah “alarm keliru” tersebut tidak ditanggapi secara gegabah, sehingga perang nuklir bisa terhindarkan.

 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “NORAD Komando Pertahanan Ruang Angkasa Yang Bukan Hanya Ada Di Film”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...