Monday, March 21, 2016

Mozilla THUNDERBIRD Software Email Pengelola Email Yang Berkualitas Namun Gratis

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Senin, 21 Mar 2016 | Setelah bertahun-tahun saya menggunakan MS Outlook (dan sebelumya juga menggunakan Outlook Express) sebagai aplikasi email client saya. Saya harus menggunakan aplikasi alternatif lain di tempat client saya yang tidak mempunyai MS (Microsoft) Office, karena MS Outlook adalah bagian dari bundel MS Office.

Setelah uji coba kesana kemari dengan berbagai aplikasi email client, pilihan saya jatuh kepada Thunderbird, aplikasi email client buatan Mozilla, perusahaan software yang juga membuat aplikasi browser Firefox. Dan bisa saya katakan saya sangat puas dengan performa dari aplikasi ini, dan tidak kalah kualitasnya dengan MS Outlook, bahkan dari segi kecepatan download, Thunderbird lebih baik dibandingkan dengan MS Outlook.

Software Thunderbird dapat anda download langsung dari website Mozilla di:
https://www.mozilla.org/en-US/thunderbird/
Dengan ukuran file hanya sebesar 32MB saja sehingga hanya memerlukan beberapa menit saja untuk mendownloadnya.

Thunderbird juga dilengkapi dengan Add-Ons, yaitu fitur pelengkap yang dapat didownload di:
https://addons.mozilla.org/en-US/thunderbird/extensions/
Dengan pemasangan Add-Ons, Mail Redirect misalnya, maka aplikasi Thunderbird akan dapat mengirimkan email yang masuk langsung ke alamat yang sudah anda setting. Dengan menginstal Add-Ons EnigMail, maka anda bisa mengirimkan email yang terenkripsi sehingga bila email sampai jatuh ke tangan penerima yang tidak diinginkan, tidak akan dapat dibaca.

Untuk user yang memiliki multi account, namun hanya menggunakan satu mail server yang difungsikan sebagai pengirim (SMTP), maka Thunderbird, menyediakan fitur kemudahan pada saat user melakukan account setting. Bila SMTP yang digunakan sama, maka user cukup mengisikan konfigurasi di server penerimanya saja (boleh POP, boleh juga IMAP), dan untuk SMTPnya user cukup melakukan scroll pada pilihan SMTP server yang sudah tersetting untuk memilihnya.

Saya pribadi yang semula menggunakan MS Outlook, sekarang merasa lebih nyaman dengan menggunakan Thunderbird sebagai email client saya. Sekedar catatan, saya menggunakan IMAP untuk penerimaan email. Kalau menggunakan MS Outlook (saya menggunakan versi 2013) saya tidak bisa memindahkan folder dari file penampungan mailbox saya, nah .. Dengan Thunderbird masalah ini teratasi, folder mailbox bisa dipindahkan ke lokasi yang saya kehendaki.

Akhir kata semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca, selamat beraktifitas .. Have a nice day :-)

 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Mozilla THUNDERBIRD Software Email Pengelola Email Yang Berkualitas Namun Gratis”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...