Thursday, March 31, 2016

METEORA Kota Ajaib Di Ketinggian Gunung Karang

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Kamis, 31 Mar 2016 | Menyaksikan sederetan gambar-gambar bangunan dan pemukiman di tebing-tebing karang saya merasa takjub luarbiasa. Bangunan dan pemukiman unik tersebut berada di negara Yunani, bernama Meteora. Bila kita melihat namanya tentu bisa menebak arti dari Meteora, karena seperti halnya meteor, yang merupakan “benda langit”, Meteora dalam pemahaman Yunani berarti benda yang berada di udara atau langit.

Kota Meteora berlokasi di hamparan tebing karang di gunung Athos, Yunani. Kota ini awalnya dibangun sudah sejak 23.000 tahun yang lalu. Dimana manusia purba pada masa lalu, membongkar, memahat dan membangun gua, sebagai tempat berteduh dan tinggal. Dan setelah memasuki era modern tempat ini tidak ditinggalkan namun beberapa pemukiman dan biara besar justru dibangun di tempat itu.
www.AstroDigi.com www.AstroDigi.com www.AstroDigi.com www.AstroDigi.com www.AstroDigi.com
Wilayah yang semula terasing itu mulai ditinggali banyak penghuni pada saat biara-biara katolik besar mulai dibangun disitu pada abad ke 9 dimana pada masa itu wilayah Yunani dan sekitarnya seringkali diwarnai oleh peperangan antar negara dan pergolakan politik. Dengan membangun biara di wilayah yang terpencil dan jauh dari pusat kota, para biarawan berharap bahwa peperangan dan perrgolakan politik tidak akan mengganggu kegiatan dan aktifitas keagamaan mereka.

Pada awalnya para biarawan hanya menempati gua-gua yang sudah ada. Mereka tinggal dan melakukan aktifitas disana. Selanjutnya sedikit demi sedikit bangunan biara mulai dibangun, dan memasuki abad ke 11 hingga abad ke 14, biara besar mulai dibangun disitu, sehingga saat ini para pengunjung dapat melihat ada 6 biara besar di Meteora.

Kota Meteora masuk kedalam daftar warisan dunia dalam catatan UNESCO. Sejarah dan keunikannya merupakan warisan dunia yang perlu dijaga kelestariannya. Karena tujuan awalnya biara dibangun untuk mengasingkan diri dari kebisingan dunia, maka selain posisi bangunan yang sengaja dibuat di ketinggian tebing, akses ke biara juga awalnya hanya menggunakan tangga tali, demikian pula untuk mengirimkan supplai makanan dan bahan baku lainnya, biasanya menggunakan keranjang bertali sebagai media pengantarnya.

Wisatawan yang ingin berkunjung ke Meteora dapat bermalam di hotel-hotel yang saat ini sudah dapat dijumpai di Meteora. Kota terdekat dari Meteora adalah kota Kalambaka. Dimana pada masa perang dunia ke II di Kalambaka terdapat juga pusat komando militer, dan akibatnya arena perang juga melibatkan wilayah Meteora yang semula terpencil. Beberapa bangunan bersejarah rusak akibat pemboman pada masa perang. Banyak benda seni yang tersimpat di wihara besar juga hilang, rusak dan dicuri pada masa itu.

Jadi .. Bila anda merencanakan perjalanan wisata ke Yunani, jangan lewatkan untuk berkunjung ke Meteora, untuk menikmati keindahan, kesejukan udara dan tentu saja keunikan pemandangan di kota Meteora.

 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...