Saturday, March 5, 2016

Menara London, Bangunan Megah Dan Indah Di Sisi Sungai Thames

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Sabtu, 5 Mar 2016 | Bila anda berwisata ke kota London, Inggris, bolehlah anda meluangkan waktu anda untuk mengunjungi salah satu situs wisata kuno yang terkenal disana, yaitu Menara London (London Tower). Sebenarnya Menara London ini adalah sebuah kastil besar yang dibangun pada tahun 1087, pada masa pemerintahan raja William.

Bila bangunan kastil lainnya banyak yang hancur tidak terpelihara dan akhirnya sirna ditelan waktu, Menara London ini bisa dikatakan sebuah bangunan kuno yang ditangani dengan baik. Pemerintah Inggris yang menetapkan menara ini sebagai salah satu situs wisata, mencadangkan dana yang cukup untuk pemeliharaan bangunan ini. Menara ini dirawat oleh badan amal Istana Kerajaan Bersejarah dan dilindungi sebagai salah satu Situs Warisan Dunia oleh UNESCO

Perawatan dan pemugaran dilakukan berulang kali untuk menjaga kelestarian bangunan bersejarah ini. Menara London pernah mengalami kerusakan parah pada masa perang dunia pertama dan perang dunia kedua. Semula bangunan ini tidak sebesar seperti saat ini, perluasan bangunan dilakukan pada masa pemerintahan Richard I, Henry III dan Edward I pada abad ke-12 dan 13. Sehingga total luas bangunan saat ini mencapai 4,9Ha.

Uniknya sejak didirikan bangunan ini yang semula dibangun untuk kediaman resmi keluarga kerajaan, kemudian beralih fungsi beberapa kali diantaranya sebagai penjara kenegaraan, benteng pertahanan, gudang senjata, pusat keuangan, kebun binatang, kediaman resmi Royal Mint, kantor catatan publik dan tempat penyimpanan Mahkota Permata Britania Raya, dan kini sebagai salah satu tempat wisata.

Didalamnya terdapat berbagai ruangan dengan berbagai fungsi yang berbeda diantaranya, ruang peristirahatan keluarga kerajaan, ruang peristirahatan pejabat kenegaraan, ruang meeting, gudang senjata, ruangan harta kerajaan, gudang logistik, ruang bermain, aula besar untuk meeting publik dan pengumuman, penjara, ruang kereta, kandang kuda, dan juga terdapat kapel (gereja didalam bangunan) di dalamnya.

Bangunan ini dibuat dari berbagai bahan berkualitas seperti batu-perca Kentish, dan batu Caen yang diimpor dari utara Perancis, langit-langit dan kaca, diperindah dengan berbagai ornamen. Kastil empat lantai dengan puluhan ruangan dan lorong-lorong unik bahkan ada yang tadinya merupakan lorong rahasia menjadikan wisata ke Menara London mampu mendatangkan kesan yang mendalam.

Jadi .. kapan anda berencana berwisata kesana?

 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Menara London, Bangunan Megah Dan Indah Di Sisi Sungai Thames”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...