Tuesday, March 1, 2016

Memanfaatkan HP Android Lama Sebagai Modem WiFi

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Selasa, 1Mar 2016 | Perkembangan HP smartphone didunia saat ini melaju dengan sangat pesat, sehingga bisa dikatakan bahwa setiap tahun selalu saja muncul teknologi baru. Dan sebagai dampak dari perkembangan teknologi tersebut, teknologi yang baru 3 atau 4 tahun lalu saja bisa saja menjadi teknologi yang usang, apalagi kalau lebih lama lagi dari itu.

Teknologi HP yang sudah ketinggalan tersebut, membuat perangkat yang bersangkutan tidak dapat lagi dipakai secara optimal, karena berbagai aplikasi baru biasanya dibuat dengan standar spesifikasi HP generasi baru. Dan celakanya HP dengan teknologi baru juga banyak yang hadir dengan harga yang terjangkau, maka lengkaplah sudah syarat untuk menyingkirkan HP lama.

HP Android lama, yang masih menggunakan OS Gingerbread atau Froyo, dengan RAM 256 atau 128, akan “hang” kalau dipergunakan untuk menjalankan aplikasi baru yang berukuran besar (30MB keatas). Sedangkan kalau dijual juga jarang ada yang mau. Karena toko HP tidak mau melakukan stok barang yang tidak akan laku terjual. Pembeli langsung juga biasanya akan keberatan membeli HP yang ketinggalan teknologi, meski dengan harga super murah sekalipun.

Nah .. Cara terbaik untuk mendayagunakan HP lama anda adalah dengan memberdayakan HP tersebut sebagai modem WiFi. Setiap HP Android selalu dilengkapi dengan fasilitas hotspot, yang mampu mensupport sampai 5 client. HP dengan konfigurasi hardware yang sudah terlalu lambat untuk mengeksekusi aplikasi baru pun masih sangat layak apabila hanya dipergunakan sebagai modem saja.

Solusi ini cocok bagi anda yang tidak berlangganan internet dirumah. Anda tinggal pilih salah satu provider yang cocok dengan lokasi anda. Cocok disini berarti penerimaan signal bagus di lokasi anda. Kemudian sebaiknya pilih salah satu paket unlimited bulanan, agar anda tidak khawatir batas dari penggunaan internet terlampaui.

Keuntungan lain dengan penggunaan hotspot ini apabila digunakan bersama-sama dengan user lain, misalnya saja keluarga anda serumah, maka dengan mudah anda bisa gunakan untuk sarana berbagi file atau data tanpa harus lewat internet. Sesama pengguna aplikasi Skype yang masih tergabung dalam satu WiFi akan dapat berinteraksi lewat video tanpa terputus, karena jaringan kirim terima video masih menggunakan jaringan lokal.

Penggunaan WiFi juga memungkinkan anda untuk mempergunakan jaringan ini sebagai sarana untuk pemantauan lingkungan rumah anda via wireless web-cam, atau anda juga bisa memanfaatkan HP sebagai wireless web-cam, karena banyak sekali aplikasi pendukung untuk keperluan ini yang bisa anda download secara gratis di Google Play Store.

Jadi .. daripada disimpan dan jadi rongsokan atau dibuang, mari kita manfaatkan saja HP Android lama kita .. selamat mencoba :-)

 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Memanfaatkan HP Android Lama Sebagai Modem WiFi”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...