Thursday, March 24, 2016

Battery Meter Gadget, Untuk Membantu Anda Menjaga Keawetan Batere Laptop

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Kamis, 24 Mar 2016 | Komputer jinjing atau laptop akan berkurang kepraktisannya apabila batere yang terpasang sudah tidak dapat lagi berfungsi dengan baik. Tidak berfungsi dengan baik bisa berarti rusak total atau bisa juga masih berfungsi tapi hanya bertahan beberapa menit saja, sehingga tidak dapat digunakan untuk bekerja secara portable.

Kerusakan batere bisa disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya adalah: overcharge (pengisian terlalu berlebihan), short circuit (hubung singkat) antara kutub-kutub terminal batere, dan kerusakan yang normal, karena memang usia pakai yang sudah lama.

Dengan metode pemakaian yang benar, batere laptop dapat bertahan hingga 5 tahun bahkan untuk tipe pengisian batere yang lambat, usia baterenya malah dapat mencapai 10 tahun. Nah .. Telah disebutkan diatas bahwa salah satu penyebab kerusakan batere adalah overcharge. Maka untuk mencegah terjadinya kerusakan pada batere laptop, sebaiknya lepaskan (putuskan) sambungan ke charger setelah batere penuh.

Untuk mempermudah user memonitor kondisi pengisian batere, maka di ujung taskbar Windows terdapat icon batere yang menunjukkan persentase dari muatan batere, baik dalam keadaan sedang charge (pengisian) maupun sedang discharge (pengosongan muatan), saat pemakaian sedang berlangsung. Namun icon batere tersebut terlalu kecil, dan persentase batere hanya muncul apabila anda menempelkan kursor mouse anda ke icon tersebut.

Untuk memperjelas tampilan monitor batere anda bisa mendownload Battery Meter Gadget, yang dapat anda download di:
http://addgadgets.com/download/Battery_Meter.zip

Ukurannya file dalam format .ZIP hanya 148KB, sehingga hanya membutuhkan waktu beberapa detik saja untuk mendownload software ini. Selanjutnya file .ZIP yang sudah anda download tadi, tinggal anda ekstrak dan eksekusi, maka di desktop laptop anda akan tampil gadget Battery Meter.

Selain berfungsi seperti halnya monitor standar bawaan Windows, Battery Meter Gadget juga dilengkapi dengan alarm. User dapat mengaktifkan alarm di persentase muatan terendah dan persentase muatan penuh (100%). Untuk persentase muatan penuh tidak dapat di edit, namun untuk persentase muatan terendah bisa diedit oleh user, saya biasa mengatur persentase terendah pada 20%, sehingga apabila muatan daya listrik pada batere turun hingga tinggal 20% alarm akan berbunyi, mengingatkan saya bahwa charger harus segera dipasang, atau apabila saya sedang bekerja secara portable, segera saya simpan semua pekerjaan saya.

Demikian juga saat charge berlangsung alarm akan berbunyi saat muatan daya listrik yang tersimpan telah mencapai 100%. Alarm tidak akan mati dengan sendirinya. Alarm pada Battery Meter Gadget hanya akan berhenti berbunyi apabila user meng-klik tanda not balok yang tampil di pojok kanan atas pada Battery Meter Gadget.

Jadi dengan pola charge dan discharge yang tepat pada batere laptop, maka batere laptop akan mempunyai usia pakai yang lebih panjang, maka silakan mencoba Battery Meter Gadget ini .. Have a nice day :-)
 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Battery Meter Gadget, Untuk Membantu Anda Menjaga Keawetan Batere Laptop”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...