Wednesday, March 16, 2016

Bagaimana Samsung Bisa Merajai Pasar Produk Elektronik Dunia?

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Rabu, 16 Mar 2016 | Kiprah Samsung selama 10 tahun terakhir ini memang luar biasa, dari posisi dibawah 3 merk besar penguasa pasar smartphone (iPhone, Nokia, Blackberry), Samsung berhasil meroket keatas untuk merebut pasar dan memenangkan persaingan hingga menjadi penguasa pasar.

Saat ini Samsung bukan hanya sukses sebagai penguasa nomor satu pasar smarphone dunia, namun juga menduduki peringkat kedua sebagai produsen semikonduktor terbesar dunia (peringkat pertama masih diduduki oleh Intel). Ada tiga faktor utama yang membuat Samsung mampu meroket sedemikian pesat, yaitu:

Pertama: Kecepatan Berinovasi
Kecepatan Samsung dalam berinovasi dan meluncurkan berbagai produk baru memang bisa dikatakan sangat luar biasa. Dengan jeli Samsung mampu melihat animo pasar yang dibentuk oleh penetrasi pasar yang dilakukan oleh produk-produk pabrikan Cina, dan dipadukan dengan kemampuan untuk meniru produk unggulan yang sukses seperti produk iPhone dan Nokia.

Samsung belajar dari kegagalan Erricson dalam mengantisipasi persaingan dengan Nokia pada masa dimana Erricson masih mejadi pemimpin pasar. Samsung juga hadir dengan berbagai produk dengan harga yang terjangkau segmen menengah, tidak seperti Blackberry yang terlambat mengeluarkan produk untuk segmen menengah.

Dengan cerdik Samsung masuk ke pasar Android, saat pemain smartphone sedang berpikir untuk membangun OS sendiri-sendiri. Sehingga saat ini setiap berpikir tentang OS Android maka otomatis benchmark konsumen akan langsung tertuju ke Samsung.

Produk Galaxy Note dari Samsung bahkan bisa dikatakan meluncur sendirian tanpa ada saingan berarti. Disegmen pasar kelas menengah Samsung praktis hanya berhadapan dengan (Microsoft) Nokia, yang terlambat untuk masuk ke pasar Android yang sedang berkembang pesat.

Kedua: Program Pelatihan Karyawan
Samsung sangat sadar bahwa kecepatan mereka dalam berinovasi harus didukung oleh SDM (sumber daya manusia) yang kuat, baik dari sisi RnD (research and development/ riset dan pembangunan) maupun dari sisi pemasaran. Kemampuan Samsung dalam mempelajari kebutuhan pasar sangat menentukan keberhasilan mereka dalam mendesain dan meluncurkan suatu produk.

Untuk itulah Samsung senantiasa mengadakan program pelatihan karyawan yang intensif dan berkesinambungan pada seluruh departemen yang berada dalam naungan perusahaan maupun pada beberapa relasi perusahaan yang terkait dengan rencana strategis RnD dan pemasaran.

Ketiga: Penempatan Para Pengambil Keputusan Yang Tepat
Banyak keputusan penting yang harus diambil dalam waktu singkat dan tepat, untuk itulah diperlukan delegasi yang tepat pada level-level pengambilan keputusan. Dalam hal ini Samsung melakukan langkah manajemen yang tepat dalam pemberdayaan karyawan di segala sektor dimana pengambilan keputusan harus dilakukan secara tepat waktu.

Pemangkasan hirarki pengambilan keputusan ini memang memiliki resiko karena bisa saja keputusan keliru diambil sebelum melewati beberapa jenjang kepemimpinan, namun hal ini dapat diantisipasi dengan pola pelatihan yang baik, yang sudah dijelaskan diatas tadi. Jadi ini adalah bagian dari manajemen pengelolaan perusahaan yang berbeda dengan perusaaan besar lainnya, terutama bila dibandingkan dengan perusahaan-perusahaan Jepang.

Semoga pembaca dapat mengambil pelajaran dari keberhasilan Samsung, sehingga hal yang serupa dapat dibangun dengan memanfaatkan berbagai hal positif yang sudah terbukti ampuh untuk memenangkan pasar.
Akhir kata, semoga artikel ini berguna bagi para pembaca, selamat beraktifitas .. have a nice day :-)

 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Bagaimana Samsung Bisa Merajai Pasar Produk Elektronik Dunia?”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...