Thursday, March 3, 2016

4 Tips Menjual Dengan Menemukan Calon pembeli Yang Tepat

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Kamis, 3 Mar 2016 | Bagi sebagian besar orang, pekerjaan sebagai sales person (salesman/salesgirl), adalah pekerjaan yang sulit untuk dijalani, sehingga hanya sedikit orang yang menjadikan profesi sales sebagai cita-citanya. Dalam pengalaman saya sebagai trainer, kebanyakan saya mendapati orang yang bekerja sebagai sales hanyalah sebagai “batu loncatan”.

Mengapa profesi sales ini menjadi batu loncatan? Karena biasanya lowongan pekerjaan untuk jenis pekerjaan ini terbentang luas, dan biasanya tidak membutuhkan persyaratan yang terlalu berat untuk bisa masuk. Biasanya persyaratan yang lebih berat ditujukan untuk level Sales Supervisor atau level yang lebih tinggi lagi seperti Sales Manager atau bahkan Sales Director.

Sebenarnya pekerjaan sales adalah pekerjaan yang mudah apabila
seseorang tahu bagaimana cara yang benar dalam menjalankan profesi ini. Mulai dari pengaturan “plan” (perencanaan), “daily activities” (aktifitas harian), monitoring, sampai ke penyusunan “report”. Ada banyak tips untuk mempermudah pekerjaan ini, berikut ini adalah sebagian tips untuk mempermudah penjualan:

Pertama: TEMUKAN PEMBELI YANG MEMANG BUTUH PRODUK ANDA

Tidak ada lagi cara yang lebih mudah dalam mensukseskan penjualan selain daripada menjual produk ke seseorang yang memang BUTUH produk anda.
Anda akan mudah menjual panci kepada orang yang memang butuh panci, anda akan mudah menjual mobil mewah berharga miliaran kepada orang yang juga butuh mobil mewah tersebut, anda akan mudah menjual asuransi kepada orang yang memang butuh produk asuransi.

Cara ini tidak membutuhkan banyak skill, yang penting adalah sang sales person harus rajin untuk MENAWARKAN produk kepada orang-orang yang punya kemampuan membeli produk. Jadi .. tentu akan sia-sia menawarkan mobil mewah kepada seseorang yang untuk beli motor bebek saja harus mencicil. Jadi pastikan target yang akan ditawarkan punya DANA yang cukup untuk membeli produk anda.

Buat daftar calon pembeli ideal yang kebetulan anda kenal, dahulukan untuk menawarkan kepada mereka terlebih dahulu produk anda. Baru kemudian lanjutkan dengan menawarkan kepada orang-orang lain yang masuk kategori kurang ideal. Dengan melakukan banyak penawaran niscaya anda akan segera MENEMUKAN seseorang yang memang butuh produk anda, dan akan dengan senang hati akan segera membeli produk anda.

Kalau anda membaca buku atau mungkin menonton film MERRY RIANA, mungkin anda akan mendapati bahwa seorang Merry Riana yang masih polos (saat itu) dengan “sales skill’ yang pas-pasan pada akhirnya menemukan seorang pembeli besar, yang ia dapati dengan cara terus menawarkan tanpa putus asa produk asuransi dari satu orang ke orang lain tanpa kenal lelah dan putus asa.


Kedua: TAWARKAN PRODUK ANDA KEPADA CALON PEMBELI YANG MUDAH DIHUBUNGI TERLEBIH DAHULU

Menawarkan produk kepada orang-orang yang mudah anda temui dan anda hubungi akan membuat waktu anda menjadi lebih efisien dan bermanfaat, karena tidak banyak terbuang percuma. Di era komunikasi dimana HP (handphone) sudah bertebaran dimana-mana dan dipergunakan oleh orang-orang di berbagai level, tentunya akan lebih mudah dan masuk akan apabila anda menelepon terlebih dahulu orang-orang yang hendak anda temui.

Mendatangi dan menawarkan produk kepada orang yang tidak dengan senang hati anda hubungi atau anda datangi akan banyak menyita waktu, tenaga bahkan kadang juga biaya. Jadi agar usaha penjualan anda efektif, datangi pembeli yang mudah dihubungi terlebih dahulu.


Ketiga: UTAMAKAN PEMBELI YANG MAMPU MENGAMBIL KEPUTUSAN

Dalam transaksi jual beli, pengambilan keputusan adalah saat yang saat menenentukan. Karena begitu keputusan diambil maka saat itulah transaksi penjualan anda “closing”. Selama keputusan belum diambil, maka sifat daripada transaksi masih dalam masa “offering” (penawaran).

Pengambil keputusan seringkali bukanlah orang yang paling berkuasa, namun dia adalah sosok penting dalam penggunaan produk atau sosok penting dalam pengaturan keuangan, atau kadangkala gabungan dari keduanya sekaligus.

Seringkali seorang suami berkata kepada penjual, “OK saya tanyakan kepada istri saya, kalau dia setuju maka saya juga pasti akan menyetujuinya”. Seorang direktur juga bisa saja menyatakan, “bila staf produksi kami merasa bahwa produk ini memang bisa mempercepat pekerjaan mereka, maka saya setuju membelinya!”.

Jadi dalam setiap proses, pengambil keputusan bisa berbeda-beda, kadang ditentukan oleh produk, kadang ditentukan oleh budget, namun apapun itu, anda harus memahami benar kebijakan dari perusahaan atau orang yang anda temui, untuk dapat mengetahui dengan tepat siapa sebenarnya sang pengambil keputusan.


Keempat: UTAMAKAN CALON PEMBELI YANG DAPAT MERASAKAN LANGSUNG PRODUK ANDA

Dalam penggunaan produk yang anda jual (apapun itu), selalu akan ada customer yang pada saat membeli bisa langsung merasakan produknya, namun ada juga yang tidak langsung merasakan produknya. Untuk produk makanan misalnya, tentu biasanya pembeli akan bisa langsung memakan makanan yang ia beli. Tapi bila produk anda adalah asuransi, maka hanya pada saat ia membutuhkannya lah ia merasakan manfaat produknya.

Bila anda adalah seorang penjual asuransi mobil misalnya, maka akan lebih tepat bila anda menjual produk anda kepada seorang pengemudi yang baru belajar dan berdasarkan track record ia seringkali merusakkan kendaraan karena menyenggol kendaraan lain saat mengemudi. Maka bila asuransi kendaraan ia beli niscaya tanpa butuh waktu lama ia akan merasakan manfaat dari produk yang anda jual.

Bila anda menjual produk berupa makanan supplemen kepada orang yang mudah sakit atau kurang tenaga, maka apabila produk supplemen anda memang sebagus yang anda janjikan, niscaya sang pembeli akan merasakan manfaatnya dengan segera, anda hanya tinggal menunggu “repeat order” (pemesanan ulang) dari pembeli yang bersangkutan.

Demikian tips dan trik pemula bagi anda yang berkecimpung di dunia sales and marketing. Apabila ada individu atau perusahaan yang ingin mengembangkan diri atau teamnya dalam kemampuan penjualan, dan membutuhkan berbagai training yang terkait dengan penjualan, maka anda bisa menghubungi saya via email di: Email@AstroDigi.com dengan subject: TRAINING REQUEST, atau bisa menghubungi saya via SMS di: 0888.1618.466

Semoga artikel diatas berguna bagi para pembaca, selamat menjalankan aktifitas, salam sukses .. have a nice day :-)

  www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “4 Tips Menjual Dengan Menemukan Calon pembeli Yang Tepat”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...