Monday, November 8, 2010

Sebutir Telur Mengandung Segudang Manfaat


www.AstroDigi.com

KapanLagi.com | Rabu, 21 Juli 2010 | Siapa bilang telur tidak baik untuk kesehatan? Telur baik untuk kesehatan, bahkan untuk kecantikan!
Beberapa orang alergi telur, tetapi untuk Anda yang tidak, bersyukurlah karena butiran ajaib ini memiliki segudang manfaat.

Telur mengandung nutrisi lengkap yang berguna untuk kesehatan. Sembilan asam amino esensial, 6 gram protein dan kandungan kolin sangat membantu untuk menjaga kesehatan otak, sistem syaraf dan sistem kardiovaskular Anda. Tentunya otak yang baik akan membuat Anda mudah mengingat sesuatu dan mempertahankan memori lebih lama.

Kandungan lutein dan zeaxanthin yang termasuk dalam karotenoid membantu mencegah mengatasi berbagai masalah pada mata, termasuk katarak. Daripada menjalani operasi katarak saat tua, lebih baik mencegahnya dengan mengonsumsi telur bukan?

Telur diberitakan memiliki efek buruk karena kandungan lemaknya. Namun jangan salah, telur mengandung lemak yang baik untuk tubuh. Satu butir telur mengandung sekitar 5 gram lemak dan hanya 1,5 gram yang merupakan lemak jenuh. Tentunya sekitar 3,5 gram kandungan lemak tak jenuh baik untuk kesehatan jantung Anda.

Pada wanita dewasa, mengonsumsi telur juga memberikan manfaat lebih, yaitu bisa mengurangi risiko terkena kanker payudara. Dalam sebuah penelitian, wanita yang mengonsumsi sedikitnya 6 butir telur per minggu menurunkan risiko terkena kanker payudara hingga 44%. Selain itu, manfaat kecantikan juga akan Anda dapatkan dari telur. Telur mengandung vitamin D yang sudah tentu baik untuk kulit Anda. Kandungan sulfur yang tinggi beserta vitamin dan mineral menghasilkan rambut dan kuku yang sehat. Rambut dan kuku akan cepat tumbuh, lebih kuat dan bersinar.

Walaupun banyak manfaat dari telur, perlu diingat bahwa Anda tidak boleh mengonsumsinya secara berlebihan. Cukup maksimal dua butir per hari. Oleh karena itu, cara terbaik mengonsumsi telur adalah dengan merebusnya sehingga Anda bisa memastikan jumlah telur yang Anda konsumsi.

www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)