Wednesday, November 24, 2010

Menyembuhkan Jerawat Tidak Harus Dengan Obat! Baca Tipsnya Disini!


www.AstroDigi.com

Kapanlagi.com | Sabtu, 07 November 2009 | Ingin hapus jerawat dengan cara alami yang aman dan juga irit? Anda tinggal menemukan 'penghapusnya' saja kok. Apa saja itu?

Salah satu hal yang bisa membuat para wanita betah mendekam di rumah adalah saat munculnya jerawat. Meski tampak sepele, namun jerawat pada wajah bisa menjadi masalah yang besar bagi seseorang.

Untungnya, selalu ada cara untuk memerangi jerawat, entahkah itu dengan melakukan perawatan wajah secara intensif, minum obat, hingga menenggak jamu-jamuan.

Namun, bila Anda enggan menghabiskan banyak dana hanya untuk menangani masalah jerawat, maka Anda bisa menyembuhkannya dengan cara alami tanpa obat-obatan.

Dari mana datangnya jerawat?

Kini kita perlu tahu lebih dulu penyebab mengapa jerawat bisa timbul. Penjelasan mudahnya, jerawat muncul karena adanya produksi sebum berlebih di bawah lapisan kulit. Sebum adalah sekret (cairan) sebasea berminyak yang terdiri dari lemak dan pengelupasan lapisan luar kulit. Kelebihan inilah yang kemudian menyebabkan timbulnya 'benjolan-benjolan' kecil yang kemudian dinamai jerawat.

Bersih-bersih

Kunci bebas jerawat yang pertama pastinya adalah dengan menjaga kesehatan dan kebersihan kulit. Hal ini bisa dilakukan dengan rajin mencuci atau membersihkan wajah 2 kali sehari. Hal ini sangat penting dilakukan untuk menjaga kebersihan kulit, namun jangan pula terlalu sering membersihkan muka, karena hal ini bisa meningkatkan produksi sebum.

Karena tekstur kulit wajah yang tipis, maka hindari penggunaan spon kasar yang bisa membuat tekstur kulit wajah rusak atau jerawat pecah. Selain itu, jangan pernah memijat atau sengaja 'meletuskan' jerawat. Semakin Anda mengutak-atik jerawat yang timbul, maka sebum di bawah lapisan kulit akan semakin menyebar. [break]

Air

Salah satu cara termudah untuk memerangi dan mencegah timbulnya jerawat adalah dengan minum banyak air. 8 gelas sehari bisa membantu kulit untuk tetap lembab dan segar. Dan, kondisi cukup air dalam kulit macam inilah yang mencerminkan bahwa kulit dalam kondisi sehat, karena air berfungsi sebagai detoks alami yang bisa membantu mengeluarkan kotoran dari dalam tubuh. Semakin sehat kulit, semakin sedikit/ jarang pula jerawat yang muncul.

Makanan dan jerawat

Seringkali makanan juga bisa menimbulkan terjadinya jerawat. Makanan berlemak, berminyak, pedas, cokelat, dan yang mengandung produk susu bisa memicu munculnya jerawat. Jadi, sebisa mungkin hindari makanan sejenis tersebut.

Jika ada makanan yang bisa menimbulkan jerawat, maka sebaliknya ada juga makanan yang bisa membantu mencegah timbulnya jerawat, yaitu sayuran hijau, jus sayuran, dan makanan yang kaya akan zinc.

Olahraga dan jerawat

Sejak berkeringat diklaim bisa memperburuk gejala jerawat, maka sangat dianjurkan bagi seseorang untuk menghindari latihan olahraga berat selama ia berjerawat.

Bagi Anda yang tergolong mudah berjerawat, maka Anda harus mencoba jenis olahraga yang tidak mengeluarkan terlalu banyak keringat. Pilihlah tingkat olahraga yang sedang-sedang saja! Olahraga yang tidak terlalu berat ini bisa meningkatkan sirkulasi darah dan mengusir racun keluar dari tubuh sehingga gejala timbulnya jerawat jadi berkurang. Anda bisa melakukan jogging, senam ringan, hingga jalan kaki.

Efek stres

Hal lainnya yang tak kalah penting agar bebas jerawat adalah bebas stres. Stres menyebabkan sistem dalam tubuh mendapat sinyal negatif. Oleh karena itu, cobalah untuk selalu tenang dan santai. Pijat atau senam yoga bisa membantu tubuh untuk tetap rileks.

Tak ada seorang pun yang bersahabat dengan jerawat. Untungnya hal ini bisa dicegah dan diatasi dengan cara yang mudah. Menjaga kulit tetap bersih, tepat nutrisi, cukup latihan, dan bebas stres, itu kuncinya!

www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Menyembuhkan Jerawat Tidak Harus Dengan Obat! Baca Tipsnya Disini!”


Post a Comment