Wednesday, November 17, 2010

Kucing Memiliki Berbagai Kemampuan Luarbiasa


www.AstroDigi.com

KOMPAS.com | Minggu, 14 Maret 2010 | Ayo, siapa di antara kamu yang bisa melihat di dalam gelap? Pasti sulit sekali. Tetapi kucing bisa, bahkan ia melakukannya dengan sangat baik, jauh melebihi manusia.

Sebelum menjadi binatang peliharaan di rumah, kucing termasuk binatang liar. Di alam aslinya, kucing berburu pada malam hari sehingga membutuhkan kemampuan untuk melihat dengan baik dalam kondisi gelap.

Kemampuan itu dimiliki kucing karena di bagian belakang mata kucing ada tapetum lucidum. Organ yang mirip cermin ini dapat memantulkan cahaya yang membantu kucing untuk melihat dalam gelap. Tapetum lucidum ini juga membuat mata kucing dapat menyala di dalam gelap.

Tetapi ini tidak berarti kucing bisa melihat dalam gelap gulita. Kucing tetap memerlukan cahaya walau tidak banyak. Kucing hanya membutuhkan sekitar 20 persen cahaya yang dibutuhkan manusia untuk melihat.

Dengan kemampuan yang luar biasa ini, ia bisa menangkap tikus-tikus yang berkeliaran pada malam gelap. Begitu juga untuk mencari kecoak yang bersembunyi di dalam kegelapan, kucing tak memerlukan cahaya lilin atau senter.

Pendengaran super

Coba tebak, hewan apa yang pendengarannya lebih hebat, anjing atau kucing? Apa, anjing? Salah, jawaban yang benar adalah kucing!

Ternyata kucing adalah hewan dengan pendengaran yang sangat peka, lebih dari pada manusia dan anjing. Pendengaran anjing memang lima kali lebih tajam dari manusia, tetapi pendengaran kucing dua kali lebih tajam dari anjing.

Jika anjing bisa mendengar suara yang sangat rendah, kucing lebih lagi. Jika anjing bisa mendengar suara yang sangat tinggi, kemampuan kucing lebih baik lagi. Kupingnya tak hanya mampu mendengar suara yang sangat pelan, tetapi juga suara sangat tinggi, yang tak dapat didengar manusia!

Tak hanya itu, ada kelebihan lain dari telinga kucing. Dengan daun telinga yang lebar dan dapat berputar 180 derajat ke arah sumber bunyi, kucing mampu mencari suara serangga yang berasal dari balik tembok sekalipun. Kemampuan ini sangat penting bagi kucing untuk mengetahui mangsanya berada.

Kucing memang pantas disebut pemain akrobat yang andal. Pernah lihat kucing berjalan santai di atas atap? Ia dapat berjalan santai, tidak goyah miring ke kiri dan ke kanan. Atau pernahkah kamu melihat kucing yang jatuh dari pohon, mendarat dengan mantap di keempat kakinya?

Kok, bisa begitu, ya? Nah, itulah kehebatan kucing. Kucing, bahkan anak-anak kucing sekalipun, mempunyai keseimbangan yang luar biasa. Ketika jatuh, cairan yang terletak di telinga bagian dalam kucing ikut bergerak. Dalam waktu yang sangat cepat kepala kucing juga berputar ke arah horizontal, menyamai cairan tersebut. Tubuh kucing pun otomatis bergerak mengikuti kepalanya.

Selain itu, keseimbangan kucing juga dibantu oleh ekornya. Ekor kucing berperan untuk mencegah kucing berputar berlebihan. Ia menarik punggungnya ke atas untuk menahan guncangan berlebihan, akibat jatuh ke bawah. Dengan itu semua, kucing pun bisa mendarat dengan sukses.

Kucing angkasa luar

Manusia pergi ke angkasa luar, itu biasa. Tetapi, kucing juga bisa lho, terbang ke angkasa luar. Seekor kucing bernama Felix benar-benar terbang dan menjadi kucing pertama di angkasa luar.

”Si kucing Perancis ini meroket menuju bintang-bintang untuk membantu ilmuwan mempelajari kemampuan binatang bertahan hidup, dengan perjalanan luar angkasa yang penuh tantangan,” tulis Ruth A Musgrave pada National Geographic Kids Indonesia. Setelah mengangkasa setinggi 100 mil (161 kilometer) di atas Bumi, si kucing kembali dengan selamat pada hari yang sama.

Kucing tahan panas

Ini kucing yang rela bertaruh nyawa demi anak-anaknya. Kucing yang satu ini tidak membiarkan apa pun menghentikannya dari menyelamatkan bayi-bayinya. Kobaran api yang berbahaya pun tidak. Saat lidah-lidah api memenuhi gedung kosong yang ditinggalinya, Scarlett lima kali bolak-balik berlari menembus panas untuk mengambil anak-anaknya.

”Meskipun bulu-bulunya terbakar, cakarnya melepuh, dan matanya lecet, Scarlett yang pemberani tidak berhenti sampai semua anaknya aman,” tulis Ruth A Musgrave lagi.

Setelah kebakaran, Scarlet dan bayi-bayinya diadopsi organisasi North Shore Animal League di New York, Amerika Serikat.

Mau tahu cerita lain tentang kehebatan kucing? Majalah National Geographic Kids yang terbit Maret 2010 menuliskan 10 kisah kucing-kucing hebat.

www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Kucing Memiliki Berbagai Kemampuan Luarbiasa”


Post a Comment