Saturday, November 27, 2010

Dieter Dengler Satu-satunya Tentara Amerika Yang Lolos Dari Kamp Penjara Vietnam


www.AstroDigi.com

Koranbaru.com | 19 Okt 2010 | Dieter Dengler adalah seorang berdarah Jerman-Amerika, seorang pilot Angkatan Laut Amerika yang menjadi terkenal karena berhasil melarikan diri dari kamp penjara yang berlokasi di tengah hutan saat berlangsungnya perang Vietnam

Pada awal 1966, pesawat yang dikemudikan Dengler ditembak jatuh oleh rudal anti pesawat di Laos. Meski selamat, ia tertangkap dan dikirim ke kamp penjara yang dikelola oleh Pathet Lao, sekelompok simpatisan Vietnam Utara.

Berbagai interogasi dan siksaan diterimanya selama di penjara, membuatnya memutuskan untuk melarikan diri dari penjara ia berkontribusi dengan para tahanan lain membuat perencanaan yang cermat untuk melarikan diri

www.AstroDigi.com

Pada 29 Juni 1966, ia dan enam tahanan lainnya berhasil melarikan diri. Saat para penjaga sedang makan dan lengah. Setelah menjatuhkan tiga penjaga, Dengler dan pelarian lainnya melarikan diri ke hutan lebat.

www.AstroDigi.com

Ia harus menghabiskan waktu selama 23 hari di hutan lebat yang dipenuhi dengan binatang buas, serangga, lintah, dan parasit. Ia didera kelaparan yang luar biasa sebelum akhirnya ditemukan dan diselamatkan oleh helikopter Amerika.

Dalam pelarian tersebut selain Dengler, hanya ada satu pelarian lain yang selamat, yaitu seorang kontraktor asal Thailand. Yang lainnya tewas dalam pelarian atau hilang di tengah hutan.

Sekembalinya ke Amerika dan setelah pulih dan kembali ke pekerjaannya, Dengler menjadi pilot penguji yang sukses. Hingga hari ini ia tercatat sebagai satu-satunya tentara Amerika yang berhasil melarikan diri dari kamp penjara selama Perang Vietnam.

Saksikan wawancara Dengler pada tayangan video berikut:



www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)