Thursday, September 2, 2010

Iran Luncurkan Pesawat Canggih


www.AstroDigi.com

Tribunnews.com | Minggu, 22 Agustus 2010 | Tak mau kalah dengan Amerika Serikat (AS), sang musuh bebuyutan, Iran meluncurkan pesawat dengan teknologi supercanggih, Minggu (22/8/2010). Pesawat pengebom tanpa awak buatan Iran mampu melaksanakan misi pengeboman dengan sasaran di darat dan terbang jarak jauh pada kecepatan tinggi.

Pesawat serupa sering dipakai militer AS untuk menyerang kelompok perlawanan di Afghanistan dan Pakistan. Pengoperasian pesawat tersebut memperkecil risiko tewasnya pilot karena dikendalikan melalui remote control di darat.

Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad menghadiri peresmian pesawat drone yang diberi nama Karrar dalam sebuah upacara menandai Hari Industri Pertahanan Iran. Pada Februari lalu, Iran meresmikan produksi untuk dua pesawat tanpa awak dengan kemampuan pengeboman dan pengintaian.

Iran juga telah memproduksi tank sendiri, pengangkut personel lapis baja, rudal, dan pesawat tempur sejak 1992. Negara ini berhasil melakukan uji coba pesawat yang mampu menghindari deteksi radar pada Juni 2009.

www.AstroDigi.com

Pada Maret 2009 lalu, para pejabat militer AS mengatakan bahwa jet tempur AS di Irak menembak jatuh sebuah pesawat mata-mata tanpa awak milik Iran. Pejabat militer AS mengatakan, pesawat jenis drone itu dikontrol dengan risiko yang sangat kecil, dapat berfungsi sebagai mata-mata, dan menyerang pasukan musuh.(cnn/feb)

www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)