Sunday, September 26, 2010

Aroma Anti-Lapar, Terapi Diet Cara Baru


www.AstroDigi.com

KOMPAS.com | Kamis, 24 Desember 2009 | Aroma anti-lapar ternyata bisa membantu memerangi epidemi kegemukan yang melanda dunia, dengan cara membuat kita merasa sudah kenyang, demikian diungkapkan para ilmuwan baru-baru ini.

Semua orang sadar bahwa ada aroma yang bisa membangkitkan selera, dan juga bau yang membuat kita mual dan hilang selera. Tapi tahukah Anda, ada pula molekul dalam aroma makanan yang bisa memicu bagian tertentu dari otak sehingga merasa kenyang.

Aroma yang membantu meredakan rasa lapar itu adalah aroma yang yang naik dari mulut ke rongga di balik hidung ketika kita mengunyah, begitulah penemuan tim Rianne Ruijschop, pakar teknologi makanan dari Pusat Riset Makanan NIZO, di Ede, Belanda.

"Hasil temuan ini tak disangka-sangka," kata Ruijschop. "Kita cukup terkejut dan antusias atas hasil temuan ini."

Variasi temuan

Aroma, rasa, dan tekstur tertentu bisa membuat kita merasa kenyang. Beberapa fakta yang ditemukan antara lain:

* Makanan padat yang harus dikunyah dan ditelan, dan dengan begitu menghasilkan aroma yang tertinggal lama, terbukti lebih mengenyangkan daripada makanan yang cair.

* Aroma yang berkaitan dengan lemak, karbohidrat, atau protein, bisa menambah rasa kenyang, mungkin karena aroma-aroma ini menandakan bahwa makanan yang dikonsumsi mengandung energi tinggi.

* Aroma yang lebih rumit, dengan banyak komponen, lebih mengenyangkan daripada yang monoton. Aroma yang rumit bisa membuat otak kita merasa bahwa kita telah mengkonsumsi banyak jenis makanan, dan menyimpulkan bahwa porsinya pastilah besar.

* Ukuran sampel makanan juga berpengaruh, karena sampel dalam potongan kecil memperlama timbulnya efek akibat aroma.

Dalam percobaan, para peneliti dapat mengubah-ubah tingkat kekenyangan yang ditimbulkan dari berbagai makanan. Contohnya, membuat suatu minuman yang beraroma kuat seperti makanan padat bisa meningkatkan rasa kenyang.

Rasa kenyang

Temuan-temuan ini bisa membantu para peneliti menciptakan generasi baru makanan dengan aroma yang mengenyangkan, sehingga bisa memerangi obesitas dan kecenderungan kelebihan makan. Para ilmuwan bisa menambahkan kapsul yang bisa meningkatkan atau memperlama rasa yang tertinggal di mulut atau menambahkan aroma tertentu. Di samping efek aroma, mereka juga mungkin bisa menciptakan bahan yang bisa dikunyah-kunyah, atau memperkecil potongan makanan sehingga orang lebih banyak mengunyah; karena makin banyak mengunyah membuat kita berpikir porsi makanan lebih banyak. Aroma-aroma yang rumit bisa ditambahkan, dan juga aroma yang membuat kita berpikir bahwa makanan yang dikonsumsi kaya akan energi.

Pada temuannya baru-baru ini, Ruijschop mengatakan bahwa dengan mengendalikan aroma mereka bisa mengurangi jumlah makanan yang dikonsumsi kira-kira 10 persen. Kini para ilmuwan tengah melakukan penelitian jangka panjang untuk melihat apa efek pada orang yang telah berbulan-bulan mengkonsumsi makanan yang aromanya telah diubah.

Walau aroma bisa membantu mengurangi obesitas tapi, "ini saja bukan merupakan solusi," kata Ruijschop. "Intinya adalah untuk mengubah pola hidup."

Ruijschop dan para mitranya telah menjabarkan temuan mereka pada edisi 11 November jurnal Agricultural and Food Chemistry.

www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

1

soccer jerseys,soccer jerseys wholesale,soccer jerseys cheap,soccer jerseys for sale,cheap soccer jersey,usa soccer jersey,football jerseys
los angeles lakers jerseys, http://www.lakersjerseys.us/
fitflop, http://www.fitflop.in.net/
michael kors outlet, http://michaelkors.outletonlinestores.us.com/
mcm outlet, http://www.mcm.in.net/
longchamp outlet, http://www.longchampoutlet.name/
chicago bulls jersey, http://www.chicagobullsjerseys.net/
nike air max shoes, http://www.nikeairmaxshoess.co.uk/
swarovski outlet, http://www.swarovski.in.net/
calvin klein,calvin klein outlet online,calvin klein wholesale,calvin klein shoes,calvin klein underwear,calvin klein coats,calvin klein handbags
nike soccer cleats, http://www.nikemercurial.org/
cheap oakley sunglasses, http://www.oakleysunglassesoutlets.us.com/
ferragamo outlet,ferragamo shoes,ferragamo,salvatore ferragamo,ferragamo belts,ferragamo belt
michael kors,michael kors canada,michael kors handbags,michael kors outlet,michael kors outlet canada
oakley sunglasses, http://www.oakleysunglassescheap.us.com/
manchester united jersey, http://www.manchesterunitedonline.com/
new orleans saints jerseys, http://www.neworleanssaintsjerseys.us/
iphone cases, http://www.iphonecase.name/
snapback hats, http://www.cheapsnapbacks.us.com/
celine outlet, http://www.celineoutletus.com/
oakley sunglasses, http://www.oakleysunglasseswholesale.in.net/
kk0915

Unknown said...
on 

Post a Comment