Tuesday, June 1, 2010

Proyektor Bakal Jadi Fitur Ponsel Masa Depan


www.AstroDigi.com

INILAH.COM | Sabtu, 16 Januari 2010 | Ponsel sudah memiliki banyak fitur seperti layar multi sentuh, kamera dan pemutar musik dan video. Namun fitur proyektor bisa populer di masa datang karena memecahkan masalah menonton video pada layar ponsel yang kecil.

Produk-produk komersial yang disebut pico proyektor masih relatif langka. Namun Microvision dan pesaingnya seperti Texas Instruments Inc dan 3M Co berani menjanjikan prospek yang cemerlang bagi pico.

Microvision memamerkan proyektor mandiri yang tampak seperti sabun besar dan mampu memproyeksikan gambar video tajam dengan menggunakan teknologi laser. Perusahaan itu berharap bisa menanamkan teknologi itu dalam berbagai produk elektronik termasuk kamera dan telepon.

"Perasaan saya adalah ponsel adalah kesempatan terbesar," kata Direktur Komunikasi Microvision Matt Nichols. Ia mengatakan perusahaannya telah berbicara dengan puluhan konsumen potensial termasuk pembuat telepon.

Nichols menyebut prototipe pertama gadget dengan proyektor pico Microvision tersedia akhir tahun ini, dan mengharapkan produk komersial pertama muncul tahun depan.

Setelah itu, ia mengharapkan pasar meledak dengan cara yang sama seperti kamera yang dengan cepat menjadi komponen yang harus ada di dalam ponsel. "Kami percaya bahwa dalam lima tahun, telepon Anda akan memiliki proyektor," papar Nichols.

Texas Instruments, pemasok utama chip untuk telepon, memiliki proyektor pico tertanam di beberapa perangkat komersial termasuk proyektor mini. Perangkatnya telah masuk ke dua telepon dari Samsung Electronics Co Ltd terbaru dan telah didemonstrasikan di pameran CES.

Semua orang benar-benar terkejut tentang proyektor pico, kata Frank Moizio, manajer pico bisnis Texas Instruments. "Aku tidak tahu apa yang menerjemahkannya ke dalam volume. Kami berharap ini akan menjadi tinggi. "

Karena ponsel sudah memiliki begitu banyak fitur seperti layar multi sentuh, kamera dan pemutar musik dan video, beberapa analis mempertanyakan seberapa banyak ruang yang ada untuk menambah komponen lain.

Tapi Yarmis Jonathan dari firma Ovum mengatakan teknologi pico memiliki potensi yang sangat besar, karena memecahkan masalah menonton video pada layar ponsel yang kecil.

"Ketika Anda membebaskan layar dari perangkat, maka ada kesempatan untuk membuat pengalaman lebih mendalam," kata analis itu menyangkut tren ponsel besar berikutnya.

Konsultan industri nirkabel Sharma Cheetan melihat proyektor mini akan lebih dulu popular di perangkat kamera karena memungkinkan fotografer untuk berbagi foto, sebelum pada akhirnya menjadi popular di ponsel. "Saya rasa kamera adalah hal pertama dan kemudian tentu saja akan berpindah ke smartphone," imbuh Sharma.

Ia menambahkan para pembuat elektronik juga berharap ada permintaan proyektor pico di laptop terutama bagi pelancong bisnis. "Beberapa orang mencari yang terintegrasi dengan sebuah laptop sehingga mereka bisa melakukan presentasi lebih mudah."

www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Proyektor Bakal Jadi Fitur Ponsel Masa Depan”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...