Wednesday, June 23, 2010

Pohon Kenari Ternyata Punya Hormon Perempuan


www.AstroDigi.com

Detik.com | Selasa, 25 Mei 2010 | Selama ini mungkin orang telah mengetahui bahwa hormon progesteron dimiliki oleh manusia dan hewan. Tapi penelitian terbaru menemukan pohon kenari punya hormon progesteron.

Progesteron merupakan hormon seks perempuan yang diproduksi di ovarium. Hormon dari golongan steroid ini berpengaruh pada siklus menstruasi perempuan, kehamilan dan embriogenesis.

Hormon progesteron berfungsi menaikkan faktor pertumbuhan epidermal, meningkatkan temperatur inti selama ovulasi, mengurangi kejang dan rileks otot polos (memperluas saluran pernapasan dan mengatur lendir), anti-inflamasi, mengurangi kandung empedu kegiatan, normalisasi darah dan pembekuan pembuluh darah.

Dan baru-baru ini, peneliti telah menemukan hormon seks perempuan ini di pohon kenari. Hal ini merupakan penemuan besar, karena sebelumnya orang hanya tahu bahwa progesteron hanya terdapat pada manusia dan hewan.

Sampai saat ini, peneliti berpikir bahwa selain manusia hanya hewan yang bisa memproduksi progesteron. Sebuah hormon steroid yang disekresi oleh ovarium, progesteron mempersiapkan rahim untuk kehamilan dan mempertahankan kehamilan. Sebuah versi sintetis, progestin, digunakan dalam pil KB dan obat-obatan lain.

"Pentingnya indikasi yang jelas dari progesteron tidak dapat dilebih-lebihkan," tulis Guido F. Pauli dan rekannya dalam jurnal American Chemical Society dari Produk Alami, seperti dilansir dari LiveScience, Selasa (25/5/2010).

Menurut Pauli, meskipun peran progesteron dalam biologi telah banyak dipelajari pada mamalia, tapi alasan kehadirannya pada tumbuhan masih kurang jelas.

Peneliti berspekulasi bahwa hormon progesteron, seperti hormon steroid lainnya, mungkin menjadi bioregulator kuno yang berevolusi miliaran tahun yang lalu, sebelum munculnya tumbuhan dan hewan moderen.

Penemuan baru bisa mengubah pemahaman ilmiah tentang evolusi dan fungsi progesteron dalam hidup organisme.

Peneliti sebelumnya mengidentifikasikan zat mirip progesteron pada tumbuhan, dan berspekulasi bahwa hormon itu sendiri ada di tumbuhan.

Pauli dan rekannya menggunakan dua teknik kekuatan laboratorium, yaitu resonansi magnet inti dan spektroskopi massa, untuk mendeteksi progesteron dalam daun pohon kenari jenis Common Walnut atau English Walnut.

Pauli juga mengidentifikasi lima progesteron yang terkait steroid pada tumbuhan, termasuk pada famili bunga buttercup.

www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Pohon Kenari Ternyata Punya Hormon Perempuan”


Post a Comment