Tuesday, June 8, 2010

Petani Muda Di Perancis Mengubah Jalan Jadi Taman


www.AstroDigi.com

BBC.co.uk | 23 Mei 2010 | Para petani membawa tanaman dan pohon untuk menyulap kawasan pertokoan di Paris di sepanjang jalan utama Champs-Elysees menjadi bentangan hijau sebagai upaya serikat petani Prancis dalam menyoroti berbagai persoalan kekuangan yang mendera mereka.

Upaya mengubah jalan itu menjadi lapangan hijau yang ditimbun dengan tanah serta berbagai tanaman dilakukan oleh para petani muda Prancis.

Hal itu mereka lakukan karena ingin menyoroti berbagai persoalan kekuangan akibat kejatuhan harga produk pertanian.

www.AstroDigi.com

Tanaman, pohon, serta bunga-bunga yang diangkut dengan truk pada malam hari berhasil mengubah jalan besar itu menjadi sebuah jalur hijau.

Lebih dari satu juta orang diperkirakan berkunjung ke sana dalam dua hari mendatang.

Acara ini menelan biaya 4,2 miliar Ero atau US$ 5,3 miliar dan digalang oleh Serikat Para Petani Muda Prancis (Jeunes Agriculteurs) pada libur akhir pekan.

Selain untuk mengangkat masalah keuangan yang dihadapi para petani Prancis, acara ini juga merupakan ajang pameran produksi pertanian dan peternakan.

Serikat para petani muda ini -yang mewakili sekitar 55.000 petani di bawah usia 35 tahun- ingin menunjukkan kepada masyarakat dan juga kepada pemerintah tentang berbagai upaya yang diperlukan dalam menghasilkan yang disantap di atas meja.

"Hal ini dalam rangka untuk menjelaskan kembali kepada publik mengenai profesi kami dan yang mereka inginkan dari profesi itu," kata William Villeneufe, presiden asosiasi itu, Jeunes Agriculteurs, pada hari Jumat.

"Apa mereka menginginkan produk-produk yang paling murah di dunia atau mereka menghendaki produk-produk yang bisa mendatangkan penghasilan yang layak kepada produsen," katanya menambahkan.

Wartawan BBC di Paris, Hugh Schofield, mengatakan mobilisasi kreatifitas dan tenaga sebesar ini tampaknya hanya bisa terjadi di Prancis dan dilakukan oleh orang yang dicintai masyarakat namun sedang terhimpit persolan, yaitu para petani Prancis.

Dalam satu malam saja 8.000 petak lahan dipindahkan ke pusat kota Paris, dan Minggu Pagi sudah terlihat bentangan hijau yang sangat luas mulai dari Arc de Triomphe sampai ke Champs-Elysees.

Sekitar 150.000 tanaman seolah-seolah tumbuh begitu saja di sana, termasuk 650 buah pohon besar, yang mewakili produksi pertanian dari kawasan Camarque sampai ke dataran Picardy.

Para pengunjung juga akan bisa membeli tanaman yang dipamerkan untuk kebun mereka sendiri.

www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Petani Muda Di Perancis Mengubah Jalan Jadi Taman”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...